5 Efek Nyata Tubuh Kekurangan Vitamin D, Awas Gangguan Jangka Panjang!

5 Efek Nyata Tubuh Kekurangan Vitamin D, Awas Gangguan Jangka Panjang!

5 Efek Nyata Tubuh Kekurangan Vitamin D, Gangguan Jangka Panjang!-brgfx-Freepik

Maka dari itu, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pengeroposan tulang, melemahnya struktur kerangka, dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh akan sulit memanfaatkan kalsium secara efektif, sehingga menyebabkan penurunan kepadatan tulang.

Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa menyebabkan kerapuhan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang.

Bahkan, dalam kasus yang lebih parah, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis, kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

BACA JUGA:Ketahui Kandungan Manfaat dan Vitamin dalam Kangkung

3. Rentan Terhadap Infeksi

Vitamin D juga memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika Anda sering sakit atau kesulitan pulih dari infeksi, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

Vitamin D membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dengan mengatur respon imun.

Oleh karena itu, tidak adanya vitamin D yang cukup dalam tubuh dapat membuat kita lebih rentan terhadap berbagai jenis infeksi.

BACA JUGA:Kekurangan Vitamin D Dapat Tingkatkan Risiko Demensia, Begini Faktanya

4. Depresi dan Gangguan Mood

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan depresi dan gangguan mood, meskipun hubungannya kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Vitamin D memiliki peran penting dalam sintesis neurotransmitter dan fungsi otak. Kadar yang rendah dapat meningkatkan risiko gangguan mood.

Selain itu, sinar matahari yang merupakan sumber utama vitamin D juga mempengaruhi kadar serotonin, yaitu zat kimia alami di otak yang berperan dalam pengaturan suasana hati. Oleh karena itu, kekurangan vitamin D dapat berdampak pada pengaturan suasana hati dan meningkatkan risiko depresi atau gangguan mood.

BACA JUGA:Kekurangan Vitamin D Dapat Tingkatkan Risiko Demensia, Begini Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: