Kekurangan Vitamin D Dapat Tingkatkan Risiko Demensia, Begini Faktanya

Kekurangan Vitamin D Dapat Tingkatkan Risiko Demensia, Begini Faktanya

kelebihan berat badan dapat 'menumpulkan' respons tubuh terhadap suplemen vitamin D---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Menurut para peneliti dari University of South Australia, kekurangan vitamin D dapat meningkatan risiko demensia.

Para peneliti menyebut bahwa mereka telah menemukan tingkat vitamin D yang rendah dapat berpengaruh dengan peningkatan risiko demensia dan stroke.

“Vitamin D adalah prekursor hormon yang semakin dikenal untuk efek luas, termasuk pada kesehatan otak, tetapi sampai sekarang sangat sulit untuk memeriksa apa yang akan terjadi jika kita mampu mencegah kekurangan vitamin D,” ujar Elina Hyppönen, seorang profesor di universitas dan peneliti senior studi tersebut serta direktur Pusat Kesehatan Presisi Australia UniSA.

BACA JUGA:Catat 5 Vitamin Penting yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Selama Musim Dingin

BACA JUGA:Kakek Ini Alami Pendarahan Fatal di Otak Usai Mencampur Suplemen Vitamin dengan Ibuprofen

"Studi kami adalah yang pertama untuk menguji efek dari tingkat vitamin D yang sangat rendah pada risiko demensia dan stroke, menggunakan analisis genetik yang kuat di antara populasi besar," tambahnya.

Para peneliti menggunakan data yang menunjukkan kalau ada dari lebih dari 294.000 peserta di Biobank Inggris.

Dilansir dari laman Heathline, mereka menganalisis bagaimana tingkat vitamin D yang berbeda berdampak pada risiko demensia.

Mereka mengatakan temuan mereka menunjukkan mungkin ada hubungan antara vitamin D yang rendah dan peningkatan risiko demensia.

BACA JUGA:Resiko Patah Tulang Berkurang dengan Konsumsi Vitamin D Dosis Tinggi, Benarkah?

BACA JUGA:Ingat Bun! Biar Daya Tahan Tubuh Anak Terjaga, Bisa Tambahkan Redoxon Kids, Vitamin C dari Bayer

Hubungan terkuat terlihat pada orang yang memiliki kadar vitamin D di bawah 25 nanomol per liter (nmol/L).

Faktanya, risiko demensia diprediksi 54 persen lebih tinggi bagi mereka yang memiliki kadar vitamin D 25 nmol/L dibandingkan dengan peserta yang memiliki kadar vitamin D normal (50 nomol/L).

Dalam beberapa populasi yang diteliti, peneliti menemukan bahwa hingga 17 persen kasus demensia dapat dicegah jika kadar vitamin D ditingkatkan ke tingkat normal (50 nmol/L).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: