Tagar Nazar Pemilu Masif, Sudirman Said: Masyarakat Optimis AMIN Menang Pilpres 2024

Tagar Nazar Pemilu Masif, Sudirman Said: Masyarakat Optimis AMIN Menang Pilpres 2024

Pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Cak Imin -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Sudirman Said buka suara terkait masifnya tagar nazar pemilu di sosial media.

Menurutnya, masifnya tagar nazar pemilu di media sosial membuktikan pasangan AMIN menjadi harapan masyarakat untuk memimpin Indonesia.

"Melihat nazar pilpres sebagai 'trending topic', kami dapat menyimpulkan bahwa ada harapan sekaligus optimisme rakyat yang demikian tinggi akan hadirnya kemenangan bagi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," kata Sudirman Said di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

BACA JUGA:Diberi Skor 11 Oleh Anies, Prabowo: Kalau dari Ente Mah Emang Gue Pikirin

Sudirman lalu mencontohkan beberapa bentuk nazar yang dipantaunya di medsos. Misalnya, tukang ojek online akan menggratiskan penumpangnya setiap Jumat selama satu bulan, dan setiap tanggal 1 selama setahun. 

Selain itu, ada pula pendukung AMIN yang akan membagikan sembako 25 paket berisi beras 5 kg, gula 2 kg, minyak 2 liter, dan uang Rp50.000 ke kaum dhuafa di sekitar tempat tinggalnya.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini pun mengaku terkesima sekaligus haru atas ramainya rakyat bernazar untuk kemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 dalam Pilpres 2024.

"Kita bersyukur di antara janji-janji yang diucapkan, tak terlihat ada janji untuk melakukan keburukan. Kita juga paham bahwa nazar yang diucapkan itu adalah janji pada diri sendiri, tidak ada yang meminta atau mewajibkan," jelas Sudirman.

Menurut dia, fenomena nazar pemilu oleh netizen dengan hastag #nazarpemilu di media sosial menjadi fenomena baru dalam sejarah pemilihan umum di Indonesia. Hal ini terpantau jelas di lini masa media sosial atau medsos, bahkan menjadi trending topic sejak beberapa hari lalu.

BACA JUGA:Usai Debat, Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu Gara-gara Ungkit Lahan Prabowo dan Anggaran Rp 700 Triliun

Ia menjelaskan bahwa, nazar adalah janji pada diri sendiri untuk hendak berbuat sesuatu jika maksud atau tujuan yang bersangkutan tercapai. 

Tercatat, sejak pemilu pertama pada 1955, belum pernah terjadi fenomena masyarakat ramai-ramai bernazar untuk kemenangan salah satu kontestan pilpres.

Para netizen secara masif menyampaikan nazarnya masing-masing jika paslon nomor urut satu AMIN menang dalam kontestasi Pilpres 2024 dan menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: