Hasil Grup A Piala Asia 2023: Qatar Lolos 16 Besar Usai Taklukan Tajikistan 1-0, Lebanon vs Tiongkok 0-0

Hasil Grup A Piala Asia 2023: Qatar Lolos 16 Besar Usai Taklukan Tajikistan 1-0, Lebanon vs Tiongkok 0-0

Hasil Grup A Piala Asia 2023: Qatar Lolos 16 Besar Usai Taklukan Tajikistan 1-0-AFC-

JAKARTA, DISWAY.ID - Qatar menjadi tim pertama lolos ke babak 16 besar piala Asia 2023 usai menaklukan Tajikistan 1-0 di Stadion Al Bayt pada Rabu, 17 Januari 2024.

Kemenangan kedua sang juara bertahan, ditambah dengan Tiongkok dan Lebanon bermain imbang tanpa gol pada hari sebelumnya, membuat Qatar optimis akan menjurai Grup A. 

Pertandingan berlangsung saling serang, Tajikistan tidak membuang waktu untuk mengambil inisiatif, tembakan Rustam Soirov dari sudut tajam memaksa kiper Qatar Meshaal Barsham melakukan penyelamatan awal. 

BACA JUGA:Jadwal Grup A Piala Asia 2023 Hari Ini: Lebanon vs China, Tajikistan vs Qatar

BACA JUGA:Hasil Grup F Piala Asia: Arab Saudi vs Oman 2-1, Thailand vs Kirgistan 2-0

Qatar, bagaimanapun, mulai menegaskan otoritas mereka melalui umpan silang Ahmed Fathy pada menit ke-17  melalui Tarek Salman tetapi bek tengah itu gagal mengarahkan sundulannya tepat sasaran.

Hanya berselang 30 detik kemudian, Qatar memimpin ketika Almoez Ali merebut bola dan melepaskan umpan kepada Akram Afif.

Dengan kecepatannya  mengambil bola, dan melewati Vahdat Hanonov berhasil menyundul bola melewati Yatimov untuk menjadi gol ketiganya di turnamen tersebut.

Qatarm mengira mereka mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-33 setelah pertengkaran antara Ali dan Manuchehr Safarov tetapi setelah pemeriksaan VAR, wasit Kimura Hiroyuki Kimura menghadiahkan tendangan bebas kepada Tajikistan.

Tim Maroon mempunyai peluang lain sebelum turun minum ketika Yatimov gagal melepaskan tembakan Afif, namun bek Zoir Dzhuraboev melakukan sapuan luar biasa di garis gawang untuk menggagalkan upaya Ali yang memanfaatkan bola pantul.

BACA JUGA:Hasil Grup F Piala Asia 2023: Thailand vs Kirgistan Skor 2-0

BACA JUGA:Optimisme Shin Tae-yong Membara Bawa Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia: Kami Tidak Akan Menyerah!

Qatar selamat dari kebobolan tiga menit memasuki babak kedua, perebutan bola antara Alisher Dzhalilov dan penjaga Meshaal Barsham membuat penyerang Tajikistan mendapatkan bola terlebih dahulu tetapi dengan mulut gawang menganga, sentuhan pertama yang berat menghilangkan peluang tersebut.

Qatar menyia-nyiakan dua peluang tepat sebelum satu jam pertandingan, Ahmed Al Ganehi melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti dan Ali kemudian digagalkan oleh tembakan keras Yatimov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: