Sayangkan Pembubaran Kajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya, MUI: Sesama Muslim Seharusnya Hormati Perbedaan

Sayangkan Pembubaran Kajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya, MUI: Sesama Muslim Seharusnya Hormati Perbedaan

Anggota GP Ansor dengan seragam Bansernya, beteriak tantang jamaah Ustaz Syafiq Basalamah melawan di luar Masjid-Foto/Tangkapan Layar-

SURABAYA, DISWAY.ID - Peristiwa pembubaran kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya, Kamis 22 Februari 2024 kemarin disayangkan Majelis Ulama Indonesia. 

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhwah Majelis Ulama Indonesia Pusat Kiai Cholil Nafis menyebut peristiwa itu tak semestinya terjadi. 

BACA JUGA:Prinsip Dakwah Ustaz Syafiq Basalamah Bertentangan dengan GP Ansor: Dia Menghakimi Golongan Lain!

BACA JUGA:GP Ansor Klaim Sudah Ada Kesepakatan Peniadaan Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Gunung Anyar: Panitia Langgar Aturan!

Cholil mengatakan, sebagai umat islam sudah sepatutnya baik massa GP Ansor maupun jemaah kajian Syafiq Riza Basalamah wajib menghormati satu sama lain. 

"Saya berharap masing-masing kita menjaga ukhuwah, menyampaikan dakwah harus tahu peta dakwah sehingga ajaran yg disampaikan sesuai kebutuhan umat," kata Cholil kepada Disway.id, Jumat 23 Februari 2024. 

Selain itu, Cholil berharap agar masing-masing pihak menahan diri. Sebab, setiap perbedaan atau khilaf di antara ulama wajib disikapi secara bijak tanpa harus memusuhi ajaran kelompok tertentu. 

"Bagi kita sebagai umat baiknya menghargai perbedaan dan setiap pelanggaran di selesaikan melalui jalur hukum. Harusnya panitia dan GP Ansor dapat dimediasi penyelesaiannya masalahnya sebelum pelaksanaan pengajian," imbuhnya. 

BACA JUGA:Profil Ustaz Syafiq Basalamah, Lulusan Universitas Islam Madinah S3 dengan Predikat Cum Laude

BACA JUGA:Teriakan GP Ansor Tantang Jamaah Ustaz Syafiq Basalamah Melawan di Luar Masjid

Sebelumnya, Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, membubarkan paksa kajian yang diisi Ustaz Syafiq Riza Basalamah di acara Tablik Akbar di Masjid Assalam Purimas, Surabaya, pada Kamis 22 Februari 2024 malam. 

Pihak PAC GP Ansor Gunung Anyar beralasan bahwa acara itu sedianya sudah disepakati untuk ditiadakan karena alasan keamanan. 

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya, Asyiqun Nahdli, mengatakan pihaknya sebelumnya peristiwa pembubaran terjadi, pihaknya bersama panitia acara dan pengurus msjid telah melakukan mediasi di Polsek Gunung Anyar untuk tidak melanjutkan acara tersebut.

Namun, Asyiqun menyayangkan pihak jemaah Masjid Assalam Purimas yang kekeh menggelar acara kajian yang dihadiri oleh Ustaz Syafiq Riza selepas salat isya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: