GP Ansor Klaim Sudah Ada Kesepakatan Peniadaan Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Gunung Anyar: Panitia Langgar Aturan!

GP Ansor Klaim Sudah Ada Kesepakatan Peniadaan Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Gunung Anyar: Panitia Langgar Aturan!

Mediasi PAC GP Ansor Surabaya dan Pengurus Masjid Assalam Purimas untuk menyepakati peniadaan Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah, Kamis 22 Februari 2024-Dok. PAC GP Ansor Gunung Anyar-

SURABAYA, DISWAY.ID - Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, membubarkan paksa kajian yang diisi Ustaz Syafiq Riza Basalamah di acara Tablik Akbar di Masjid Assalam Purimas, Surabaya, pada Kamis 22 Februari 2024 malam. 

Pihak PAC GP Ansor Gunung Anyar mengklaim bahwa acara itu sedianya sudah disepakati untuk ditiadakan karena alasan keamanan. 

BACA JUGA:Profil Ustaz Syafiq Basalamah, Lulusan Universitas Islam Madinah S3 dengan Predikat Cum Laude

BACA JUGA:Teriakan GP Ansor Tantang Jamaah Ustaz Syafiq Basalamah Melawan di Luar Masjid

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya, Asyiqun Nahdli, mengatakan pihaknya sebelumnya peristiwa pembubaran terjadi, pihaknya bersama panitia acara dan pengurus msjid telah melakukan mediasi di Polsek Gunung Anyar untuk tidak melanjutkan acara tersebut.

Namun, Asyiqun menyayangkan pihak jemaah Masjid Assalam Purimas yang kekeh menggelar acara kajian yang dihadiri oleh Ustaz Syafiq Riza selepas salat isya.

"Awalnya penolakan terus kita mediasi di Polsek, kita menemukan kesepakatan tapi kesepakatan itu dilanggar. Awalnya sepakat bahwa acara ini dibatalkan ternyata di media sosial mereka masih framing bahwa acara ini tetap berlanjut dan diumumkan di masjid," ujar Asyiqun dalam keterangannya, Jumat 23 Februari 2024. 

Mediasi antara GP Ansor Gunung Anyar Surabaya dan DKM Masjid Assalam Purimas juga dibuktikan dengan foto-foto pertemuan yang difasilitasi Polsek Gunung Anyar dan Forkopimda. Selain itu, dalam foto yang diterima Disway.id, baik GP Ansor dan pihak Masjid Assalam juga menandatangani kesepakatan untuk meniadakan kajian dan hanya melaksanakan salat berjamaah. 

BACA JUGA:Alasan GP Ansor Bubarkan Pengajian, Tuding Ustaz Syafiq Basalamah HTI: Terindikasi Radikal

BACA JUGA:Pesan Ustaz Syafiq Riza Basalamah Pasca Pengajiannya Dibubarkan GP Ansor di Surabaya

Asyiqun menyatakan, Banser dari GP Ansor Gunung Anyar pun akhirnya mendatangi tempat acara tersebut karena ada informasi kegiatan Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah tetap berjalan. Alhasil, sempat terjadi ketegangan hingga berujung ricuh.

Asyiqun menyampaikan, kericuhan terjadi dua kali, yakni sekitar pukul 17.00 WIB dan pukul 18.30 WIB.

"Akhirnya kita melakukan pengamanan tapi oleh mereka disambut tidak baik. Jadi adanya pemukulan. Jadi ini ada sekitar 6 korban (dari GP Ansor)," jelasnya.

"Insiden kericuhannya dua kali, sekitar jam 5 pertama kemudian jam setengah 7 maghrib," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: