Komnas Perempuan: Banyak Gen Z Ogah Menikah, Prioritaskan Karier

Komnas Perempuan: Banyak Gen Z Ogah Menikah, Prioritaskan Karier

Komnas Perempuan: Banyak Gen Z Ogah Menikah, Prioritaskan Karier-Komnas Perempuan-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisoner Komnas Perempuan, Tiasri Wiandani menyebut angka penurunan pernikahan yang terjadi di Indonesia karena banyaknya generasi Z memetingkan karier.

Tiasri Wiandani mengatakan bahwa turunnya angka pernikahan di Indonesia terjadi lantaran sudah banyak Generasi Z yang mulai sadar akan hidup mandiri dan lebih memprioritaskan karier dalam hidupnya. 

Sehingga, kata Tiasr, pernikahan sudah bukan menjadi prioritas untuk status sosialnya.

BACA JUGA:Mengenal Kucing Munchkin Berkaki Pendek Karena Mutasi Genetik Alami

BACA JUGA:Hari Perempuan Sedunia, Momentum Kesetaraan Gender dan Kesempatan Jenjang Karier yang Luas

" Gen Z sendiri kita melihat bagaimana pilihan karier itu semakin menjadi prioritas sehingga pilihan status perkawinan itu ditempatkan pada yang bukan prioritas," tutur Tiasri saat dihubungi oleh wartawan Disway.id, Minggu 10 Maret 2024.

Lebih lanjut, Tiasri Wiandani menghimbau fenomena turunnya angka pernikahan dijadikan sebagai ajang menghargai hak dan pilihan hidup bagi setiap individu.

Sehingga, masyarakat sudah tidak lagi melihat pada posisi status sosialnya.

" Tetapi ketika kita bicara pilihan hidup mandiri dan hak asasi manusia menjadi salah satu alasan, maka itu menjadi pilihan tidak bisa memaksakan individu karena kekhawatiran angka perkawinan dikembalikan pada posisi status sosial masyarakat yang melihat pernikahan sebagai kewajiban," ujarnya.

Tiasri Wiandani menambahkan, pendiskusian adalah pilihan hidup mandiri seseorang untuk memutuskan menikah atau tidak dengan berbagai pertimbangan itu harus kita hargai.

BACA JUGA:20 Ucapan Menyambut Ramadhan 2024, Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

BACA JUGA:Hari Perempuan Internasional 2024 Jadi Google Doodle, Rasa Hormat untuk Kaum Hawa agar Setara dengan Pria

“ Situasi saat ini memang kita melihat Gen Z pilihan hidup berkarier dalam mencari pekerjaan itu menjadi prioritas mereka," pungkasnya.

Tiasri Wiandani menghimbau kepada para generasi milenial atau Gen Z pentingnya memenuhi edukasi sebelum memutuskan untuk menikah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: