Kasus DBD di Jakarta Naik, Heru Budi Ingatkan Fogging dan Jaga Kebersihan

Kasus DBD di Jakarta Naik, Heru Budi Ingatkan Fogging dan Jaga Kebersihan

DBD di DKI Jakarta-Heru Budi ingatkan jaga kebersihan-Candra Pratama

Data DBD tersebut juga disampaikan oleh BMKG melalui laman resminya.

Bahwa Kota Jakarta Barat dan Jakarta Selatan dikategorikan awas. Sedangkan Kota Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat berstatus waspada.

Dalam penelitian itu, BMKG bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jakarta DKI Jakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan pengembangan model peringatan dini penyebaran penyakit demam berdarah berbasis iklim.

Dalam penelitian tersebut, BMKG bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jakarta DKI Jakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan pengembangan model peringatan dini penyebaran penyakit demam berdarah berbasis iklim.

Jumlah Kasus DBD

Sebelumnya, Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sampai dengan minggu ke-11 tahun 2024, terdapat 35.556 kasus DBD di Indonesia dengan 290 kematian. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Ditjen P2P, Kementerian Kesehatan RI, Imran Pambudi, mengatakan untuk mencapai target nol kematian akibat dengue di tahun 2030, diperlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat.

Menurutnya, cuaca yang tidak menentu saat ini membuat tempat-tempat penampungan air menjamur, dan menjadi lokasi subur bagi jentik nyamuk. 

BACA JUGA:KLB DBD, Vaksin Makin Mendesak, 2030 Ditargetkan Nol Kematian

“Cuaca kadang hujan, kadang panas, membuat tempat penampungan air di mana-mana. Ini membuat nyamuk bertelur,” katanya dalam acara buka puasa bersama Takeda. 

Implementasi 3M Plus masih memegang peran yang sangat krusial dalam pengendalian kasus DBD di Indonesia.

Sampai dengan minggu ke-11 tahun 2024, terdapat 35.556 kasus DBD di Indonesia dengan 290 kematian.

Di bulan Maret ini saja, beberapa daerah sudah menetapkan KLB, seperti Jepara, Enrekang, Kutai Barat, Lampung Timur, dan Kab Nagekeo. 

(Candra Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: