3 Isu Ketenagakerjaan Dapat Diselesaikan Lewat Revitalisasi Balai K3

3 Isu Ketenagakerjaan Dapat Diselesaikan Lewat Revitalisasi Balai K3

Revitalisasi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Samarinda -Jawab isu ketenagakerjaan-Kemnaker

JAKARTA, DISWAY.ID - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor memberikan apresiasi atas Revitalisasi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Samarinda yang mengarah kepada peningkatan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) dan revitalisasi sarana dan prasarana. 

Afriansyah berharap, revitalisasi Balai K3 ini diharapkan mampu menjawab tiga hal terkait isu ketenagakerjaan, khususnya layanan K3.

Hal tersebut disampaikan oleh Afriansyah dalam kunjungannya fasilitas penyiapan tenaga kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Samarinda, Kalimantan Timur pada Selasa 2 April 2024.

BACA JUGA:Jelang H-7 Lebaran, Kemnaker Kembali Imbau Perusahaan Komitmen Bayar THR

"Tiga isu ketenagakerjaan tersebut yakni kecepatan dan kompetensi personil pelaku layanan K3, kebutuhan peralatan uji K3, dan kebutuhan sarana dan prasarana gedung yang lengkap dan modern,” kata Afriansyah.

Setelah dilakukan revitalisasi, Afriansyah berharap Balai K3 dapat diperankan sebagai Center of Excellent di bidang layanan pengawasan ketenagakerjaan dan layanan pengujian K3 serta peningkatan kapasitas sumberdaya manusia K3.

"Selain itu, Balai K3 dapat berperan sebagai Forensic Laboratory untuk mendukung kinerja pengawas ketenagakerjaan dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil dalam melakukan investigasi kasus-kasus kecelakaan kerja yang memerlukan data-data hasil pengujian dalam penetapan penyebab kecelakaan guna pencegahan kecelakaan berikutnya terjadi, " tutur Afriansyah.

BACA JUGA:Optimalisasi Pembayaran THR 2024 Bagi Pekerja dan Buruh, Kemnaker Lakukan Langkah Berikut Ini

Dalam kesempatan tersebut, Afriansyah juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Bappenas dalam membenahi layanan Balai K3.

Ia berpendapat ada beberapa hal yang diperlukan agar terjadi percepatan dan Balai K3 terwujud sesuai harapan.

"Pertama, peningkatan jumlah dan capacity building tenaga pengawas dan penguji K3; kedua penempatan tenaga pengawas dan penguji K3 yang right quantity, capacity accurate dan placement right. Ketiga, sinergitas dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan,” jelas Afriansyah.

BACA JUGA:Peduli Kesehatan, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja

Profil Balai Besar K3

Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Jakarta merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja yaitu Pemeriksaan/Pengujian K3, Peningkatan kapasitas sumber daya K3 dan pemberdayaan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: