Isu Pulau Tagulandang Akan Tenggelam Jika Gunung Ruang Erupsi Besar Adalah Hoaks, BNPB: Masyarakat Dapat Kembali Beraktivitas

Isu Pulau Tagulandang Akan Tenggelam Jika Gunung Ruang Erupsi Besar Adalah Hoaks, BNPB: Masyarakat Dapat Kembali Beraktivitas

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menegaskan isu Pulau Tagulandang akan tenggelam apabila terjadi erupsi kembali Gunungapi Ruang yang jauh lebih besar adalah hoaks.-tangkapan layar X@InfoFPMKI-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menegaskan isu Pulau Tagulandang akan tenggelam apabila terjadi erupsi kembali Gunungapi Ruang yang jauh lebih besar adalah hoaks.

Hal ini ditegaskan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat mengunjungi posko pengungsian warga di Pulau Siau, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Dalam kunjungan itu, ada salah seorang warga yang melaporkan kepada Kepala BNPB terkait adanya kabar yang beredar bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam karena tsunami akibat dari erupsi Gunungapi Ruang yang akan terjadi lagi dan lebih besar.

BACA JUGA:Helmy Yahya 'Sindir' Bung Towel, Timnas Menang Kok Mukanya Malah Begitu: Berpihak ke Siapa Sih?

BACA JUGA:Ini Alasan Polres Jakut Hanya Tetapkan Satu Tersangka Kasus Penganiayaan Taruna STIP Jakarta hingga Tewas

"Itu tidak benar, hoaks. PVMBG sudah mengeluarkan informasi terkait hal itu. Bahwa tidak benar Pulau Tagulandang akan hilang tenggelam," jelasanya.

"Saya harap kita semua selalu memperbarui informasi hanya dari instansi yang berwenang,” kata Suharyanto dalam keterangannya, dikutip Minggu, 5 Mei 2024.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Muhammad Wafid mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai berita meresahkan tersebut serta tidak menyebarluaskannya.

BACA JUGA:Hasil Liga Saudi: Cristiano Ronaldo Cetak Hattrick, Al Nassr Hajar Al Wahda 6 Gol Tanpa Balas

BACA JUGA:BNPB Janji Bakal Beri Bantuan untuk Perbaikan Rumah Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Ruang

"Masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia/Website PVMBG atau mengontak langsung dengan Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro atau ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi di Bandung,"tutur Wafid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: