Mulai Usia 60 Paling Berisiko, Kenali Pengobatan dan Terapi Pasien Gagal Jantung

Mulai Usia 60 Paling Berisiko, Kenali Pengobatan dan Terapi Pasien Gagal Jantung

Ada banyak faktor risiko terjadinya gagal jantung. Seperti umur, jenis kelamin, dan keturunan. Namun ada juga yang berkaitan dengan gaya hidup-Lansia paling berisiko-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID – Ada berbagai deteksi, diagnosis, dan pengobatan penyakit gagal jantung.

 

DR. dr. Antonia Anna Lukito Sp.JP(K), FIHA, FAPSIC, FASCC, FSCAL, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Lippo Village Tangerang, yang juga merupakan Kepala Heart Center dan Koordinator ICCU (Intensive Cardiac Care Unit) RS Siloam Lippo Village Tangerang, menyebutkan jika gagal jantung merupakan kondisi yang sangat serius dan berpotensi mengancam nyawa.

 

Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan jantung dalam memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan kegagalan dalam suplai darah, nutrisi, dan oksigen ke berbagai organ tubuh. Kondisi ini dapat berkaitan dengan kelainan pada otot jantung, baik berupa otot yang melemah atau kaku, atau pembebanan jantung yang berlebih.

 

Penyebab dari kondisi gagal jantung dapat berasal dari berbagai macam penyakit jantung, dengan penyakit jantung koroner (PJK) dan penyakit darah tinggi yang tidak terkontrol merupakan dua penyebab tersering.

BACA JUGA:Kabar Baik untuk Penderita Gagal Jantung Lanjut, Kini Ada Pengobatan Terbaru

 

Pengobatan dan Terapi Pasien Gagal Jantung

 

Pemeriksaan ketika seorang pasien menderita gagal jantung dapat meliputi:

 

Pemeriksaaan fisik untuk menilai keluhan dan tanda-tanda khas

 

Pemeriksaan rekam jantung (EKG) untuk dugaan adanya kelainan jantung.

 

Pemeriksaan ekokardiografi jantung (ECHO) untuk menilai struktur dan fungsi jantung Pemeriksaan laboratorium darah, untuk penunjang diagnosis (NTproBNP) maupun untuk menilai berbagaiberbagai kelainan penyerta yang berkaitan (misal fungsi ginjal, diabetes melitus, anemia, fungsi tiroid, kadar zat besi, dll) Pemeriksaan pencitraan lanjut berupa MRI jantung/pencitraan nuklir/ CT Scan jantung, untuk konfirmasi diagnosis maupun menentukan penyebab pasti dari gagal jantung.

BACA JUGA:Bukan Cuma Jantung, Donny Kesuma Ternyata Juga Punya Riwayat Penyakit Ini

 

Sedangkan terapi untuk kondisi gagal jantung biasanya meliputi:

 

Perubahan gaya hidup, misalnya diet rendah garam dan pembatasan asupan cairan baik dari minum maupun

 

makanan, upaya menurunkan berat badan, meningkatkan kapasitas latihan dan olahraga

 

Self-consciousness: identifikasi dan mengobati penyebab yang mendasar. Misalnya, apabila terdapat penyakit jantung koroner yang berat maka dilakukan intervensi pemasangan stent atau bahkan operasi bedah sepintas jantung (bypass).

BACA JUGA:Profil Donny Kesuma, Aktor dan Mantan Atlet Softball yang Kini Terkena Serangan Jantung

Mengoptimalkan obat-obatan: kombinasi berbagai obat-obatan khusus gagal jantung yang perlu diminum rutin dalam jangka panjang.

 

Apabila gagal jantung sudah dalam stadium lanjut, maka memerlukan prosedur khusus, misalnya pemasangan pacu jantung khusus untuk sinkronisasi otot jantung (CRT), penjepitan katup mitral yang bocor melalui kateterisasi jantung (klip katup mitral), implantasi mesin pompa jantung buatan (LVAD) secara prosedur bedah jantung, hingga transplantasi jantung.

BACA JUGA:Janji Donny Kesuma Sebelum Kena Serangan Jantung, Boyong Keluarga Mudik Lebaran ke Garut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rs siloam lippo village tangerang