Peringati Hari Transplantasi Dunia, Menkes Budi Gunadi Ingin Tingkatkan SDM dan Distribusi Obat ke Daerah

Peringati Hari Transplantasi Dunia, Menkes Budi Gunadi Ingin Tingkatkan SDM dan Distribusi Obat ke Daerah

Budi Gunadi Sadikin menghadiri acara Indonesian Transplant Society (InaTS) dalam rangka memperingati Hari Transplantasi Dunia atau World Transplant Day 2024.-Dok. Kemenkes-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menghadiri acara Indonesian Transplant Society (InaTS) dalam rangka memperingati Hari Transplantasi Dunia atau World Transplant Day 2024.

World Transplant Day 2024 ini mengangkat tema 'Give a Hope, Give a Life.' Acara tersebut diselenggarakan di Car Free Day Sudirman Jakarta ini diwarnai dengan Fun Run, talkshow, free medical check-up, dan booth. 

BACA JUGA:Susah Berhenti Rokok? Coba Hubungi Layanan QUIT.LINE dari Kemenkes, Gratis!

BACA JUGA:Kemenkes RI Minta Publik Waspadai Covid-19 Varian KP.1 dan KP.2 dari Singapura, Ada Pembatasan Perjalanan?

Hari ini merupakan acara puncak, setelah sebelumnya dilakukan serangkaian kegiatan Road to Transplant Fest, yaitu Transplan Menyapa (IG Live) dan kompetisi video A Day in My Life untuk donor, pasien, dan caregiver. 

Acara ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran serta menggalang dukungan masyarakat untuk kemajuan transplantasi di Indonesia. Sehingga ke depannya masyarakat tidak lagi apatis tentang prosedur ini.

Transplant Fest 2024 merupakan kolaborasi InaTS dengan berbagai stakeholder, yaitu dengan komunitas, pemerintah, serta rumah sakit pengampuan nasional (RS vertikal Kemenkes dan RS (daerah) dan RS pemerhati transplantasi.

Komunitas yang turut memeriahkan acara kali ini seperti: Katahati, Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI), Yayasan Komunitas Cangkok Ginjal Indonesia (YKCGI), Pejuang Hati, dan Sobat Transplan.

BACA JUGA:Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura Akibat Varian Baru, Begini Imbauan Kemenkes

BACA JUGA:Cerita Toto Kena Kanker Darah Ganas, Jalani Bone Marrow Transplant Obati Multimple Myeloma

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengaku akan terus memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) serta menciptakan pemerataan obat pada setiap daerah di Indonesia.

“Kita harus percaya pada bangsa sendiri, bahwa kita memiliki kualitas dokter yang sangat baik dan mampu melakukan transplantasi," ujarnya, dikutip di Jakarta, Minggu 9 Juni 2024.

"Di Kemenkes, kami melakukan upaya untuk kemajuan transplantasi di Indonesia, salah satunya membereskan data registry terkait pasien yang berpotensi atau segera membutuhkan transplan, seperti ginjal, kornea, dan hati. Hal ini dilakukan dengan harapan ke depannya akan ada pemerataan terkait SDM dan persebaran obat-obatan sesuai kebutuhan di setiap daerah," ujar Menkes Budi.

Tak hanya itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin juga berharap semakin banyak rumah sakit di Indonesia yang terus maju dan berkembang. Menkes Budi juga terus berupaya mendorong masyarakat untuk melakukan transplantasi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: