Ini Dia Tips Promosikan Budaya Lokal di Platform Digital dari Kominfo

Ini Dia Tips Promosikan Budaya Lokal di Platform Digital dari Kominfo

Ini Dia Tips Promosikan Budaya Lokal di Platform Digital dari Kominfo-Kominfo-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan chip in secara luring mengenai penguatan keterampilan Digital masyarakat Indonesia bernama #MakinCakapDigital 2024, Kamis, 13 Juni 2024, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. 

Tema yang diangkat adalah "Lestarikan Budaya Lokal dengan Literasi Digital".

BACA JUGA:Event Jak-Japan Matsuri 2024 Hadir di GBK 14-15 September, Festival Budaya Jepang Besar-Besaran!

BACA JUGA:Survey Tren Pernikahan 2024, Gen Z Masih Minat Padukan Konsep Budaya Tradisional dan Modern

Sebagai narasumber dalam webinar ini adalah Dosen UPRI & Relawan TIK Indonesia Andi Asy’hary J Arsyad; Key Opinion Leader Andi Mattuju; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bone Barham. 

Selaku pemberi keynote speech adalah Pejabat Bupati Kabupaten Bone Andi Islamuddin. Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bone serta menggandeng komunitas Rumah Kreasi Budaya Bangsa Saoraja Bone, Latoa Production, Sanggar Seni Budaya Lasaliyu Batara Bone, Menyusuri Jejak Budaya dan Anak Dara Kallolo Bone.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2023, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,62 juta atau setara 78,19 persen dari total populasi Indonesia. 

BACA JUGA:Menhub Dorong Pengembangan Sekolah Kedinasan, Tinggalkan Budaya Kekerasan

BACA JUGA:Kesetiaan pada Pelestarian Seni Budaya Nusantara, Rina Ciputra Raih Penghargaan Nusantara Awards 2024

Di saat yang bersamaan, pertumbuhan pengguna yang masif ini membuka ruang yang lebih luas terhadap potensi meningkatnya penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maupun internet.

Pengukuran status literasi digital Indonesia 2023 terhadap 38 provinsi melaporkan bahwa kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan TIK semakin membaik dalam setahun terakhir. Indeks literasi digital Indonesia di awal 2023 ada di level 3,54 dari skala 1-5. 

Artinya, secara umum literasi digital masyarakat Indonesia ada di level "sedang". Indeks tersebut sedikit meningkat dibanding 2020 lalu yang ada di level 3,46.

BACA JUGA:Ingin Sewa Gedung Seni dan Budaya di Jakarta? Begini Tahapannya

BACA JUGA:Kunjungi Pameran Milik Butet, Megawati Ungkit Kondisi TIM dan Budaya K-Pop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: