Server PDN yang Down Berangsur Pulih, Imigrasi Pastikan Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor

Server PDN yang Down Berangsur Pulih, Imigrasi Pastikan Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor

Antrean pengecekan paspor mengular akibat layanan keimigrasian terganggu imbas Server Pusat Data Nasional (PDN) milik Kominfo Down, Kamis 20 Juni 2024-X/pputeuri-

JAKARTA, DISWAY.ID - Layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis (kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian) serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan untuk sementara mengalami kendala.

Hal ini merupakan imbas dari gangguan kesisteman pada pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang saat ini sedang berlangsung.

BACA JUGA:Waduh, Server Keimigrasian Down Karena Serangan Siber, Antrean Imigrasi di Bandara Soetta Mengular!

BACA JUGA:Terobosan Kantor Imigrasi Jaksel, Buka Immigration Lounge di Pondok Indah Mall 3 yang Layani Hingga Weekend

“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim pada Kamis 20 Juni 2024. 

Ditjen Imigrasi menyarankan agar masyarakat yang berada di bandar udara internasional yang melakukan penerbangan agar berangkat lebih awal.

Layanan keimigrasian tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi. Silmy memastikan meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat. 

Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi hari ini untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa.

BACA JUGA:Mudahkan Pelayanan, Imigrasi Jaksel Buka Immigration Lounge di Pondok Indah Mall 3

BACA JUGA:Manggung di Jakarta, Ed Sherran dan Krunya Masuk Indonesia dengan Menggunakan Music Performer Visa dari Ditjen Imigrasi

Namun demikian, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.

“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” tutup Silmy.

Sebelumnya, layanan imigrasi penumpang yang tersimpan dalam sistem Pusat Data Nasional (PDN) milik Kominfo down.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: