Sedang Berlangsung, Kominfo dan BSSN Penuhi Panggilan Komisi I DPR untuk Jelaskan Gangguan Server PDN akibat Ransomware!

Sedang Berlangsung, Kominfo dan BSSN Penuhi Panggilan Komisi I DPR untuk Jelaskan Gangguan Server PDN akibat Ransomware!

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid membuka rapat kerja dengan Kemenkominfo dan BSSN Terkait Serangan Siber yang Membuat Pusat Data Nasional terganggu, Kamis 27 Juni 2024-TV PARLEMEN-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memenuhi panggilan Komisi I DPR RI.

Pemanggilan ini merupakan buntut insiden gangguan server Pusat Data Nasional (PDN) akibat serangan ransomware sejak sepekan terakhir. 

BACA JUGA:Besok, Komisi I DPR Panggil Kominfo dan BSSN Terkait Server PDN yang Down Seminggu Terakhir

BACA JUGA:Pusat Data Nasional Dibobol, Polri Gandeng Stakeholder Terkait

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian memenuhi panggilan.

Dalam rapat yang disiarkan live di Kanal YouTube TV Parlemen, rapat itu dibuka oleh Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, Meutya Hafid

Rapat ditandai dengan ketukan palu sidang yang diketuk oleh Meutya sore ini. 

"Rapat kita buka dengan sifat terbuka," kata Meutya membuka rapat, Kamis 27 Juni 2024. 

Sebelumnya, gangguan pada server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) terjadi sejak Kamis, 20 Juni 2024. Akibatnya, sejumlah layanan publik, termasuk layanan imigrasi terkendala.

BACA JUGA:210 Instansi Terdampak Serangan Siber Akibat Pusat Data Nasional Diretas

BSSN Republik Indonesia mengungkap insiden itu terjadi karena adanya serangan siber ransomware yang menyerang server PDN.

Sebagai tindak lanjut, BSSN, Kominfo, Cyber Crime Polri, hingga KSO Telkom-Sigma-Lintasarta masih melakukan investigasi secara menyeluruh terkait serangan siber tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: