Mengkudu Obat Tradisional Terbaik Buat Penyakit Diabetes-Kanker, dr. Cahyono: Tapi Faktanya... Hati-hati Lho!

Mengkudu Obat Tradisional Terbaik Buat Penyakit Diabetes-Kanker, dr. Cahyono: Tapi Faktanya... Hati-hati Lho!

dr. Cahyono mengungkap satu fakta bahwa buah mengkudu atau pace memang sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit diabetes sampai kanker, tetapi faktanya proses pengekstrakan sampai pengemasan saat ini tidak bisa dipercaya 100 persen-Tangkapan layar/YouTube/Kasisolusi-

"Tahu dong Pace atau yang namanya Mengkudu? Masuk dalam 10 obat, tanaman terbaik di dunia? Tapi Pace unik, lho, hati-hati lho teman-teman," jelas Dokter Ca, sapaan akrabnya.

BACA JUGA:Obat-obatan Tradisional Sedang Dikembangkan BBPOM Jakarta dan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Untuk Apa?

Pohon buah mengkudu berbeda dengan tumbuh-tumbuhan lain.

Disebutkan tumbuhan lain dapat menyerap nutrisi dari tanah yang benar-benar subur dan baik.

"Pace itu tamanan paling unik. Uniknya, semua tanaman dia pilih-pilih, yang di dalam tanah itu dipilih-pilih, yang baik-baik diambil (diserap)," sambung dr. Cahyono.

Namun tidak dengan pohon mengkudu yang tumbuh di berbagai tanah, bahkan di sekitar rumah.

BACA JUGA:Jelang Kenaikan HET, Harga MinyaKita Masih Terpantau Stabil di Pasar Tradisional

Hal terburuknya buah mengkudu tumbuh di tempat yang kurang tepat, seperti di pinggir got penuh racun, karena akar pohonnya menyerap segala hal.

"Tapi kalau pace semuanya diambil. Jadi kalau (pohon) pace tinggal di atas septic tank yang diambil apa? Hahaha," ujar dr. Cahyono yang membuat Dery tercengang.

Salah satu buang mengkudu yang kualitasnya tidak bagus ketika jatuh tak lama sudah dalam kondisi busuk.

"Iya, itu pace. Makanya kita melihat pace yang baru jatuh busuk. Kalau pace hidup di pinggir got penuh racun, nah gimana, tuh? Masak kita makan?" bebernya.

BACA JUGA:Survey Tren Pernikahan 2024, Gen Z Masih Minat Padukan Konsep Budaya Tradisional dan Modern

Manfaat Buah Mengkudu

Dr. Cahyono mengklaim tahu soal hasil penelitian bahwa manfaat buah mengkudu sangat bagus untuk penyembuhan diabetes, hipertensi, hingga kanker.

Namun, hanya saja, faktanya tidak semua pace atau mengkudu dihasilkan dari pohon yang tumbuh di tanah yang kualitasnya bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: