IDI Kerahkan Puluhan Tenaga Medis di Gempa Bandung, temukan ISPA hingga Kecemasan Diidap Korban

IDI Kerahkan Puluhan Tenaga Medis di Gempa Bandung, temukan ISPA hingga Kecemasan Diidap Korban

Menurut data Polresta Bandung korban gempa Bandung sebanyak 5.409 KK terdampak dan warga terdampak sebanyak 21.696 sedangkan pengungsi sebanyak 710 dan luka-luka sebanyak 78 orang. --Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Barat Dr M. Luthfi, SpPD-KHOM, FINASIM, MMRS mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengerahkan sebanyak 40 orang tenaga medi dokter umum dan dokter spesialis serta perawat untuk memberikan bantuan medis kepada korban terdampak gempa di Bandung

Gabungan dokter dari IDI cabang kabupaten Bandung dan IDI Wilayah Jawa Barat tersebut masih melakukan mobile clinic (pemeriksaan kesehatan keliling).

BACA JUGA:BPBD Ungkap Kemungkinan Bekasi Beresiko Mengalami Gempa Megatrusht, Personel Selalu Siaga 24 Jam

BACA JUGA:Polda Jabar Periksa Kesehatan Korban Gempa Bandung, Berikut Datanya

pihaknya Juga berkoordinasi dengan IDI Cabang Garut dan sekitarnya, serta Tim Tanggap Bencana dan Dinas Kesehatan setempat.

Seperti yang diketahui, gempabumi ini Juga berdampak di sejumlah wilayah Bandung seperti Majalaya, Banjaran, Lembang, Parompong, Bandung Barat, Beendah, Garut, serta Cileunyi, hingga menyebabkan banyak bangunan rusak hingga rubuh.

Bahkan, terdapat satu fasilitas layanan kesehatan yang bangunannya terdampak gempa, yakni Puskesmas Kertasari.

BACA JUGA:Puluhan Ribuan Warga Terdampak Gempa Bandung, Polda Jabar: Ribuan Rumah Alami Kerusakan

BACA JUGA:Gagal Berangkat Imbas Gempa Bandung, Penumpang Whoosh Bisa Refund Tiket 100%

"Akhir pekan ini, IDI Wilayah Jawa Barat akan membawa bantuan berupa logistik makanan, susu, dan obat-obatan dari donasi seluruh anggota IDI," kata Lutfhi dalam keterangannya, 20 September 2024.

Ketua IDI Cabang Kabupaten Bandung Dr A. Aziz Asopari menambahkan, Iaporan tim lapangan IDI mencatat RSUD RSUD Bedas Kertasari hingga saat ini terdapat 26 korban yang ditangani (13 laki-laki dan 13 perempuan) dengan 24 korban luka ringan dan rawat jalan, serta 2 orang mengalami luka berat yang kemudian dirujuk ke RSUD Majalaya. 

BACA JUGA:Kronologi Siswa SD di Bandung Meninggal Dunia Imbas Gempa Bumi Bandung

BACA JUGA:Update Gempa Bumi Bandung, Berikut Peta Persebaran 491 Rumah Rusak yang Terdampak

Sementara tim dokter IDI Cabang Kabupaten Bandung dan Garut dengan koordinasi bersama BNPB melaporkan bahwa secara keseluruhan di wilayah terdampak gempabumi terdapat sekitar 15 orang mengalami luka berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: