Laporan Akhir Tragedi Kanjuruhan Komnas HAM Masuk Tahapan Finalisasi

Laporan Akhir Tragedi Kanjuruhan Komnas HAM Masuk Tahapan Finalisasi

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara.-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Laporan akhir rekomendasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang atau Tragedi Kanjuruhan disebut sudah tahap finalisasi.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan saat ini progres laporan tragedi Kanjuruhan tersebut sudah mencapai angka 80%.

"Ya 80% lah kita lagi bikin finalisasi," katanya kepada Wartawan disway.id, Rabu 26 Oktober 2022.

BACA JUGA:9 Tim Sudah Dipastikan Lolos 16 Besar Champions League 2022/2023

Dalam finalisasi itu, termasuk upaya menggali keterangan Federation Internationale de Football Association (FIFA) yang belum direspons.

Namun demikian, jika hingga Jumat 28 Oktober 2022 mendatang belum ada respons dari FIFA, pihaknya akan menginterprestasikan sendiri bagaimana statuta FIFA terkait Hak Aksasi Manusia.

"Kita akan menginterpretasikan sendiri nanti akan kita akan menganalisa sendiri bagaimana apa dokumen-dokumen FIFA dan hak asasi manusia," kata Beka Ulung sebelumnya kepada disway.id, Rabu 26 Oktober 2022.

Diketahui, surat permintaan keterangan kepada FIFA telah dikirim Komnas HAM.

BACA JUGA:Begini Upaya Komnas HAM Jika FIFA Tak Respons Suratnya

"Kenapa kemudian Komnas HAM meminta keterangan terhadap FIFA tentu saja adalah karena PSSI adalah anggota FIFA," katanya kepada awak media di kantornya, Senin 24 Oktober 2022.

"PSSI juga mengklaim statuta PSSI mengadopsi statuta FIFA, FIFA menghormati HAM dan ini penting juga bagaimana kemudian komitmen dan pelaksanaan dari komitmen tersebut," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: