Nunukan dan Sebatik Jadi Pulau Sadar Zakat

Nunukan dan Sebatik Jadi Pulau Sadar Zakat

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin.-kemenag RI-

Atas inovasinya itu, Salmiah berhasil menjuarai kompetisi Penyuluh Teladan kategori non-PNS mulai dari tingkat Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara, dan Nasional.

BACA JUGA:Kronologi Pemeran Video Wanita Kebaya Merah Ditangkap, Nomor Kamar Hotel 1710 Jadi Jejaknya

"Saat ikut kompetisi Penyuluh Teladan tingkat Nasional tahun 2021 tidak berniat mendapatkan juara, yang penting program kami bermanfaat bagi masyarakat dan diketahui masyarakat Indonesia," tutur Salmiah. 

"Alhamdulillah mendapat juara 2 tingkat nasional, tentu ini menjadi anugerah besar dari Allah berkat bantuan semua," sambung Salmiah yang juga terpilih sebagai Agent of Change Ekonomi Syariah tahun 2021 di Sebatik Timur. 

Kabid Bimas Islam dan Haji Kanwil Kemenag Kaltara, M. Saleh mengungkapkan, Kampung Sadar Zakat Sakti juga secara rutin memberikan bantuan kepada masyarakat.

Tim yang dikomandoi KUA dan Penyuluh Agama Islam KUA Sakti secara cepat merespons kebutuhan masyarakat. 

"Jika ada laporan warga sakit dan butuh bantuan, tim bergerak cepat melakukan pengecekan. Tak jarang perwakilan dari KUA dan Kecamatan ikut mendampingi proses pengobatan ke Rumah Sakit di Nunukan atau Tarakan," imbuh Saleh. 

Berbagai capaian Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur ini diharapkan M.Saleh dapat menginspirasi pengelolaan Pulau Sadar Zakat Nunukan dan Sebatik. 

BACA JUGA:180 Tim Kompetisi Robotik Madrasah Lolos Grand Final, Catat Tanggal Mainnya

"Pulau Sadar Zakat diharapkan dapat menyamai capaian Kampung Sadar Sebatik Timur, bahkan mestinya bisa lebih tinggi lagi," ujar Saleh.

Kehadiran Dirjen dan jajaran pejabat Kanwil Kemenag Kaltara pada malam Deklarasi Pulau Sadar Zakat bukan semata menyaksikan tari-tarian.

Malam itu, puluhan orang tersenyum sumringah saat mendapatkan pembagian manfaat zakat, infak, dan sedekah. 

Tidak kurang dari 77 juta rupiah dibagikan kepada ratusan masyarakat di Kecamatan Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebatik Induk, Sebatik Barat, dan Sebatik Tengah.

"Selain bantuan langsung untuk keperluan sehari-hari kita berikan juga bantuan zakat produktif untuk kesehatan, modal usaha, biaya berobat, dan beasiswa pendidikan," ungkap M. Saleh. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: