Mobil Listrik Toyota bZ4X Sudah Bisa Dipesan, Intip Dulu Keunggulannya

Mobil Listrik Toyota bZ4X Sudah Bisa Dipesan, Intip Dulu Keunggulannya

Mobil listrik Toyota bZ4X segera meluncur di Indonesia-istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Toyota bZ4X resmi diriliş  dan bisa dipesan hari Ini, mulai Kamis 10 November 2022.

Mobil listrik pertama dari Toyota ini langsung didatangkan dari negara asalnya, Jepang dalam bentuk utuh (completely built up (CBU). 

BACA JUGA:Eksepsi Baiquni Ditolak Sepenuhnya, Dilanjutkan Sidang Pembuktian dan Saksi

BACA JUGA:Ketua RT Duren Tiga Serta Anggota Propam Kembali Berikan Kesaksian Rangkaian Sidang Sambo

 

Mengenai soal harga dan spesifikasi mobil bZ4X  masih rahasia sebelum launching, karena akan diumumkan siang ini, Kamis 10 November 2022.

 "Sudah bisa dipesan, tapi harga dan spesifikasinya menunggu launching, ya. Bisa langsung ke diler (untuk pemesanan)," ujar salah satu tenaga penjual Toyota saat dikonfirmasi wartawan.

BACA JUGA:Elon Musk Sibuk dengan Twitter, Tesla Recall 40 ribu Model S dan Model X Gegara Ada Kecacatan!

BACA JUGA:Jenderal Tito Karnavian dan Idham Azis Kok Dikaitkan Isu Perang Bintang di Polri?

Nampaknya  mobil listrik ini tidak akan melebihi Rp 1 miliar. Sebab sebelumnya Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyebut bila bZ4X posisinya berada di bawah Lexus UX300e yang dijual Rp 1,2 miliar.

Diberitakan sebelumnya, mobil listrik ini  akan dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

BACA JUGA:Kuat Maruf Masuk Group WA ABS, Pengacara Intip Komunikasi Penting Anak Buah sambo

BACA JUGA:Jokowi Sebut Pilpres 2024 Waktunya Prabowo, Tanggapan PDI Perjuangan Malah Nggak Jauh Beda?

Baterai tersebut mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Dengan sistem pengisian arus DC, mengisi daya sampai 80 persen hanya perlu 30 menit. Namun Toyota sendiri belum memutuskan harga jual untuk bZ4X di Indonesia.

‘ Soal harga belum kami putuskan, masih diskusi. Ini (bZ4X) segmennya berbeda dengan Lexus yang lebih premium," ujar Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy kepada wartawan beberapa waktu lalu di Jakarta.

BACA JUGA:Sword Art Online di Kehidupan Nyata, Headset Ini Bisa Bunuh Penggunanya Jika Kalah Game, Berani Coba?

BACA JUGA:Evti Setahun Obati Autoimun, Dibiayai JKN

Seperti diketahui, pesaing bZ4X, Hyundai IONIQ 5 sendiri dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 748 juta hingga Rp 859 juta.  Harga Toyota bZ4X diperkirakan berada di kisaran Rp 700 jutaan, bahkan bisa tembus diangka Rp 1 miliar.

Mobil listrik Toyota bZ4X merupakan SUV mid-size yang menawarkan desain eksterior modern dan canggih. 

Pada bagian interiornya, nantinya diberikan dua pilihan model kemudi, yakni setir berbentuk konvensional dan berbentuk sayap dengan sistem steer-by-wire.

BACA JUGA:Ratusan Pengemudi Ojol Geruduk Hotel, Cari Orang Sembunyi, Polisi Bergerak

BACA JUGA:20 Link Twibbon Hari Pahlawan 10 November 2022, Yuk, Pasang di Sosmedmu!

Kehadiran bZ4X sekaligus juga memperlihatkan makin seriusnya Toyota menggarap kendaraan ramah lingkungan. Selama ini, raksasa otomotif Jepang itu hanya mengandalkan mobil hybrid di Indonesia. 

Toyota bahkan sempat tertinggal dengan Hyundai yang langsung meluncurkan tiga mobil listrik murni sekaligus di Indonesia.

Sebelumnya, Toyota sudah memamerkan bZ4X pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. 

BACA JUGA:Dua Mantan Kapolri Picu Perang Bintang Usik Istana, Bisnis Sampingan Jenderal Polisi Bermunculan

BACA JUGA:Kuat Maruf Bantah Pernyataan Kesaksian Susi Soal 'Jangan Naik Satu Langkah Lagi'

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy kala itu menyebut bahwa kehadiran bZ4X merupakan indikator bahwa mobil listrik pertama jenama Jepang itu masuk ke Indonesia.

"bZ4X pada pameran ini masih bersifat display, tetapi ke depannya kita sudah bicara dengan prinsipal. Jadi kita akan pelajari terus untuk dikenalkan di market Indonesia," ungkap Anton Agustus lalu.

BACA JUGA:Ricky Rizal Bantah Kesaksian ART Susi dan Kodir Terkait Pemeriksaan Oleh Provos

BACA JUGA:Kabar Baik! UMP 2023 Dipastikan Naik, Simak Penjelasan Menaker

Mobil Listrik bZ4X dijual 2 Tipe 

Mobil listrik ini sendiri dijual dalam dua tipe, yakni FWD (Front Wheel Drive) dan AWD (All Wheel Drive). Versi FWD bisa menjangkau jarak hingga 500 km, untuk tipe AWD sanggup menempuh jarak hingga 460 km. 

Toyota bZ4X tipe FWD dibekali motor listrik tunggal yang dipasang di gandar depan. Motor listrik itu mempunyai tenaga maksimal 201 dk. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 8,4 detik.

BACA JUGA:Catat! Ini Tips Memilih Produk Skincare untuk si Bayi, Ternyata Pakai Suncreen Penting Loh Bunda

BACA JUGA:Prediksi dan Link Live Streaming Manchester United vs Aston Villa, Unai Emery Spesialis Knock-out, Ten Hag?

Masing-masing bisa menghasilkan 107 dk dengan output gabungan 215 dk. Meski 85 kg lebih berat, Toyota bZ4X AWD bisa berakselerasi lebih cepat, 0-100 km/jam dalam 7,7 detik.

Toyota bZ4X yang dijual di Jepang memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm. Sementara Hyundai Ioniq 5 panjangnya 4.635 mm, lebar 1.890 mm, serta tinggi 1.605 mm.

BACA JUGA:Akankah Piala Dunia Qatar 2022 Memberlakukan Water Breaks? Ternyata Begini Standar Syaratnya

BACA JUGA:Kominfo Galakan Literasi Digital di Sektor Pemerintah Daerah

Di Jepang, bZ4X dibekali dengan baterai Lithium-ion degan daya 71,4 kWh. Berkat baterai itu, Toyota bZ4X bisa melaju hingga 500 km untuk versi Front-Wheel Drive.

Sementara tipe All-Wheel Drive daya jelajahnya mencapai 460 km. Kemampuan menjelajahnya lebih jauh dari yang ditawarkan Hyundai Ioniq 5 karena kapasitas baterainya juga lebih besar.

Ioniq 5 menggendong baterai Liquid Cooled Lithium-ion berkapasitas 58 kWh. Di atas kertas, daya jelajah Ioniq 5 mencapai 451 km.

BACA JUGA:Apple Langsung 'Ngegas' Siapkan 9 Hal Baru untuk iPhone 15, Berikut Bocorannya!

BACA JUGA:Tito Karnavian dan Idham Azis Disebut Jadi Biang Kerok Isu 'Perang Bintang' di Tubuh Polri

Dari segi hiburan, Hyundai Ioniq 5 telah dilengkapi dengan sistem multimedia. bZ4X juga sudah mengadopsi sistem navigasi cloud yang bisa memberikan informasi lalu lintas dan ketersediaan ruang parkir. 

Toyota juga telah menyematkan fitur perintah suara, termasuk untuk menyalakan wiper dan AC.

Toyota bZ4X di Jepang dijual dengan harga 6.000.000 yen (versi FWD) dan 6.500.000 yen (versi 4WD). Sebagai informasi, hanya ada dua tipe bZ4X yang dijual di Jepang.

Sedangkan Hyundai Ioniq 5 di Indonesia ditawarkan dalam empat tipe dan harganya menyesuaikan. Ioniq 5 saat ini dipasarkan dalam beberapa pilihan tipe dan harga. 

Sumber: