Kepahiang Bengkulu Juga Raih UHC JKN

Kepahiang Bengkulu Juga Raih UHC JKN

--

KEPAHIANG, DISWAT.ID – Tidak hanya Bengkulu Tengah yang menyandang predikat Universal Health Coverage (UHC) pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kabupaten Kepahiang juga mendapatkan penghargaan bergengsi dari BPJS Kesehatan. 

“Kita patut berbangga akhirnya Kabupaten Kepahiang bisa mendapatkan prestasi ini. Semua ini terjadi atas hasil kerja keras banyak pihak, baik Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang serta dukungan penuh dari BPJS Kesehatan,” ujar Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjadid.

Tercatat sebanyak 147.764 jiwa dari total 153.232 jiwa penduduk Kabupaten Kepahiang telah terlindungi jaminan kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga capaian ini telah melampaui target nasional sebesar 95 persen.

“Sudah mencapai 96,43 persen dari total masyarakat kita yang terlindungi jaminan kesehatannya. Ini baik sekali. Secara bertahap kita usahakan agar seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang mendapatkan hak yang sama. Kita usahakan agar bisa lebih dari 96,43 persen,” ucapnya.

Karena prestasi ini, Pemerintah Kabupaten Kepahiang pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu, menerima penghargaan langsung dari Gubernur Bengkulu atas keberhasilan capaian UHC terbaik di Provinsi Bengkulu. Serta atas prestasi inilah, Kabupaten Kepahiang menjadi daerah percontohan dalam penerapan UHC untuk Pemerintah Daerah di Provinsi Bengkulu.

“Kita tentunya bangga sekali dengan capaian ini. Kabupaten Kepahiang didapuk untuk menjadi contoh bagi Kabupaten lainnya. Kita berharap bisa memberikan kinerja yang terbaik bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepahiang,” ucapnya.

Bupati Kepahiang juga menekankan kepada Dinas Kesehatan dan seluruh fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Kepahiang agar fokus terhadap seluruh layanan kesehatan, tidak ada diskriminasi atau pembedaan layanan yang diberikan kepada peserta JKN dan bukan peserta JKN.

Sementara itu, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu, Siti Farida Hanoum, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang atas capaian yang membanggakan ini.

“Capaian ini merupakan wujud nyata Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang telah hadir untuk masyarakatnya. Tidak hanya ucapan semata, tetapi diwujudkan dalam bentuk nyata dalam bentuk jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Kepahiang,” ujarnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: