13 Hidangan Natal yang Perlu Anda Coba, Mulai dari Ayam Kodok Hingga Ayam Rica-Rica

13 Hidangan Natal yang Perlu Anda Coba, Mulai dari Ayam Kodok Hingga Ayam Rica-Rica

Ilustrasi ayam kodok-Instagram/@ayamkodokmissayko-

BACA JUGA:PSG Tawari Marcus Rashford Gaji Rp 16,25 Miliar per Pekan, Bayern Munchen Ikut Monitor

BACA JUGA:Arman Hanis Ungkap Tak Ada Pelecehan Seksual di Magelang, Kejadian Sebenarnya Diungkap Putri Candrawathi

Makanan ini terdiri dari daging sapi yang direbus dengan kuah yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, air dan dibumbui dengan pala dan merica.

Selat solo kemudian disajikan bersama telur rebus dan sayuran seperti kacang-kacangan, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli dan wortel, dan sedikit mustard atau mayones ditambahkan di sampingnya.

8. Ayam ingkung

Sajian yang satu ini asalnya dari Jogjakarta. Ayam ini dimasak utuh dengan bumbu rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, pala, kemiri, jahe hingga kunyit. Bumbunya dihaluskan kemudian dimasak dengan api sedang bersama santan kelapa yang kental.

BACA JUGA:Di Mana Lokasi Asli Jalur Sesar Cimandiri? Awas Berpotensi Picu Gempa, Kini Dilarang Keras Ditempati

BACA JUGA:Nekat! Rumah Wali Kota Blitar Dirampok dan Disekap, Pelaku 4 Orang Kini Dalam Kejaran Polda Jatim

Disajikan secara utuh, sebelum dimasak Anda harus mengeluarkan jerohannya. Ayam ingkung yang dimasak dengan benar menghasilkan tekstur daging yang empuk dengan bumbu yang meresap sempurna. Proses pemasakan dengan bumbu dapat memakan waktu hingga 2-3 jam. Makin enak dinikmati bersama dengan nasi hangat, sambal dan kaldu kuning.

9. Ayam betutu

Betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh yang berisi bumbu kemudian dipanggang dalam api sekam. Ada dua versi betutu yaitu dari daerah Gilimanuk dan Gianyar. 

Racikan betutu di Gilimanuk memiliki rasa yang lebih pedas karena menggunakan campuran cabai. Dengan tambahan bumbu berupa bawang putih, cabai rawit dan garam.

BACA JUGA:Mengenaskan, Tim SAR Berhasil Temukan Bocah 10 Tahun yang Tenggelam di Danau Tambun: Jasad Tersangkut di Dasar Air

BACA JUGA:Putri Candrawathi Ungkap Momen Yosua Hendak Mengangkat Dirinya ke Atas

Selain itu betutu Gianyar punya citarasa yang lebih gurih dan memakai sekitar 15 rempah. Ada bumbu base genep (bumbu lengkap) dan basa wangen (bumbu harum). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: