Saksi Ahli Psikologi Forensik Sebut Ricky Rizal Tidak Memiliki Potensi Agresif Membunuh Brigadir J

Saksi Ahli Psikologi Forensik Sebut Ricky Rizal Tidak Memiliki Potensi Agresif Membunuh Brigadir J

Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf dieksekusi ke Lapas Kelas IIA Salemba, ngumpul bareng Sambo.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Terdakwa Ricky Rizal mengikuti sidang lanjutan dengan perkara pembunuhan berencana Brigadir Yosua di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Senin 2 Januari 2023.

Adapun agenda sidang lanjutan tersebut adalah pemeriksaan saksi meringankan untuk terdakwa Ricky Rizal.

Diketahui, Ricky Rizal didakwa bersama-sama melakukan pembunuhan berencana kepada Yosua dengan mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo dibekas rumah dinasnya di Duren Tiga Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Ahli Digital Forensik Ungkap Sulitnya Periksa Rekaman CCTV Kasus Sambo, ‘Laptop Patah Jadi 15 Bagian’

Saksi ahli yang dihadirkan pihak Ricky Rizal merupakan Ahli Psikologi Forensik dari Universitas Indonesia, Nathanael Elnadus Johanes Sumampouw.

Di dalam ruang sidang Nathanael mengatakan, bahwa Ricky Rizal tidak mempunyai niat untuk melakukan pembunuhan berencana kepada Yosua.

Awalnya, pengacara Ricky Rizal bertanya kepada saksi ahli Psikologi Forensik terkait apakah Ricky Rizal mempunyai potensi melakukan pembunuhan kepada Yosua dengan agresivitas yang tinggi.

"Apakah ahli menemukan indikasi resiko terhadap pribadi Ricky, dia ada potensi melakukan pembunuhan dengan tingkat agresivitas tinggi atau kejahatan lainnya?" Tanya Kuasa Hukum Ricky Rizal di PN Jakarta Selatan, Senin 2 Januari 2023.

Nathanael mengatakan, setiap orang memiliki potensi untuk melakukan tindakan agresif kepada orang lain, tidak hanya agresivitas setiap orang mempunyai tingkah laku yang menjurus ke tindakan kriminal dan semacannya tergantung dari diri orang itu sendiri.

BACA JUGA:Dibuka Lagi, Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Tahun 2023 dan Syaratnya

Menurut Nathanael hal tersebut harus dilihat dari seberapa banyak faktor atau resiko yang meningkatkan kerentanan orang itu melakukan tingkah laku agresif dan beberapa faktor yang melindunginya.

Ricky Rizal tidak pernah mendapatkan kekerasan dari orang tuanya ataupun dari lingkungan yang mengadopsi nilai-nilai kekerasan.

“Hal itu harus dilihat dari seberapa banyak faktor resiko meningkatkan kerentanan dia tuk melakukan tingkah laku agresif tersebut dan faktor yang melindunginya,” Kata Nathanael.

Nathanael mengatakan, pihaknya telah melakukan wawancara secara eksklusif kepada Ricky Rizal, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: