Geger Saf Sholat Ied Berjamaah di Ponpes Al-Zaytun Dicampur, Begini Sunnah yang Benar

Geger Saf Sholat Ied Berjamaah di Ponpes Al-Zaytun Dicampur, Begini Sunnah yang Benar

Penjelasan Tentang Sholat Berjamaah Sesuai Sunnah Rosul-WMB Govsa-Instagram

BACA JUGA:Peneliti BRIN Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah, Bareskrim Ambil Tindakan

5. Jarak Antar Saf

Jarak antar saf laki-laki dan perempuan hendaknya cukup jauh untuk menjaga agar tidak terjadi kebersamaan yang tidak sepatutnya. Jarak antar saf perempuan harus lebih jauh dari jarak antar saf laki-laki.

6. Penempatan Tangan

Setiap jamaah dalam satu saf, baik laki-laki maupun perempuan, harus menempatkan tangan kanan mereka di atas tangan kiri, dan meletakkannya di atas dada. Tangan hendaknya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

7. Konsentrasi dan Iman

Yang terakhir, penting untuk menjaga konsentrasi dan iman selama shalat berjamaah. Jamaah harus fokus dan tidak terganggu oleh faktor-faktor eksternal. Selain itu, hendaknya jamaah memperkuat imannya dan merenungkan makna dari setiap gerakan dan doa dalam shalat.

BACA JUGA:One Way Tol Kalikangkung Diperpanjang Hingga Selasa 25 April 2023 Pukul 24.00 WIB, Antisipasi Macet Arus Balik Lebaran

Sebelumnya timbul polemik karena viral adanya foto-foto momen sholat ied di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Ponpes Al-Zaytun menggelar sholat ied menjadi sorotan karena menggabungkan shaf sholat antara jemaah laki-laki dan perempuan.

Bahkan sholat ied tersebut juga diberi jarak dengan menggunakan kursi, tidak rapat seperti sholat pada biasanya.

Dari akun Instagram @kepanitiaanalzaytun dapat dilihat adanya foto dan video momen sholat Idul Fitri pada Sabtu, 22 April 2023.

BACA JUGA:Waspada! Gempa Bumi Magnitudo 6,9 Guncang Mentawai Sumbar, BMKG: Tsunami Teramati 11 Cm

Shaf salat di ponpes tersebut tampak berjarak, lalu ada jamaah perempuan berada di barisan paling depan.

Selain itu video sholat ied ponpes Al-Zaytun juga diunggah ke kanal YouTube Al-Zaytun Official, berjudul '(AL-ZAYTUN) KHUTBAH IED AL FITHRI 1444 H'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: