Basuki Hadimuljono Akui Pembangunan Jalan Tol di Indonesia Ada Campur Tangan Investor Swasta: 'Sebetulnya Bukan Hanya Tol..'

Basuki Hadimuljono Akui Pembangunan Jalan Tol di Indonesia Ada Campur Tangan Investor Swasta: 'Sebetulnya Bukan Hanya Tol..'

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono-Foto : Kementerian PUPR -

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui bahwa pembangunan jalan tol merupakan hasil dari campuran.

Maksudnya campuran, kata Basuki, yakni sumber pembiayaan untuk membangun infrastruktur di Tanah Air, termasuk jalan tol ada juga yang berasal dari investor.

Hal tersebut disampaikan Basuki Hadimuljono di gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Kamis 25 Mei 2023.

BACA JUGA:Belum Ada Investasi! Sumber Dana Bangun IKN Masih dari APBN, Basuki Hadimuljono Buka Suara!

“Tidak semuanya (berasal dari) investor,” ucapnya.

Jadi menurut paparan Basuki, sumber biaya/dana pembangunan proyek infrastruktur pemerintah memang berasal dari berbagai pihak bukan satu pihak saja.

Salah dua sumber pembiayaan itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) dan Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Ditambah ada juga dukungan konstruksi demi meningkatkan indikator untuk mengetahui tingkat efisiensi dari sebuah investasi alias IRR.

BACA JUGA:Basuki Hadimuljono: 91 Persen Kondisi Tol di Indonesia Siap Sambut Mudik Nataru 2022-2023

“Ada investor, ada KPBU, ada yang dukungan konstruksi supaya menaikkan IRR-nya, ada yang sebagian dilakukan oleh APBN juga. Jadi semua campuran,” terang Basuki.

Lebih lanjut, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Basuki menyebut kalau APBN membantu sekitar 30-40 persen dari pembangunan berbagai infrastruktur di Tanah Air.

Kemudian sumber lainnya berasal dari swasta dan KPBU. Keseluruhan gabungan dari pembiayaan itu juga termasuk ke dalam proyek pembangunan jalan tol.

“Sebetulnya bukan hanya tol, pembangunan infrastruktur ini kan juga di dalam RPJMN, APBN-nya kan hanya bagian kecil, 30 persen, 40 persen,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: