Subsidi Kendaraan Listrik Dianggap Pemborosan Anggaran Belanja, Sri Mulyani: Justru Mendorong Percepatan Transformasi Ekonomi!

Subsidi Kendaraan Listrik Dianggap Pemborosan Anggaran Belanja, Sri Mulyani: Justru Mendorong Percepatan Transformasi Ekonomi!

Daftar Motor Listrik di PEVS 2023, Banjir Subsidi dan Pamer Prototipe-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menanggapi pandangan Anggota DPR RI terkait kebijakan pemerintah dalam memberikan bantuan subsidi kendaraan listrik yang dinilai sebagai pemborosan anggaran belanja.

Sri Mulyani mengatakan bahwa dukungan terhadap Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) itu merupakan upaya untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi.

BACA JUGA:PLN Jamin Listrik Tanpa Kedip untuk Ajang Formula E 2023 di Ancol

“KLBB itu merupakan upaya percepatan transformasi ekonomi untuk penciptaan nilai tambah yang tinggi, perluasan kesempatan kerja, serta penggunaan energi yang ramah lingkungan sehingga dapat menurunkan emisi, serta efisiensi subsidi energi,” ujar Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa 30 Mei 2023.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati-Instagram-

Selain itu, kata Menkeu, dukungan terhadap pengembangan ekosistem industri KBLBB juga dilakukan di banyak negara seperti di Amerika Serikat (AS), Eropa, Tiongkok, dan beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia. 

BACA JUGA:8 Ketua Fraksi DPR Minta Sistem Pemilu Legislatif 2024 Tetap Terbuka, Presiden Harus Ingatkan MK

Produsen kendaraan bermotor di banyak negara juga telah berkomitmen untuk beralih memproduksi 100 persen mobil listrik di 2035-2040.

“Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah memperkenalkan serangkaian insentif yang diarahkan baik dari sisi supply maupun demand untuk menstimulus investasi dan penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat secara luas,” jelasnya.

BACA JUGA:Dipanggil Komisi Yudisial, Ketua PN Jakpus dan Hakim Perkara Partai Prima Absen

Menkeu juga menegaskan dukungan untuk pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) juga dilakukan negara maju hingga negara tetangga di Asia.

Melihat semakin banyaknya negara yang meningkatkan industri kendaraan listrik, Sri Mulyani menegaskan Indonesia tidak boleh hanya menjadi penonton saja. 

Apa lagi Indonesia memiliki modal bahan baku kendaraan listrik yang banyak.

BACA JUGA:Makin Ceria, Piaggio Indonesia Hadirkan Warna Baru Vespa Edisi 'Play Freely in Colors'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: