Unpad Pastikan Tidak Ada Kenaikan Biaya Kuliah UKT 2024, Terendah Rp500 Ribu

Unpad Pastikan Tidak Ada Kenaikan Biaya Kuliah UKT 2024, Terendah Rp500 Ribu

Unpad-Biaya UKT 2024 tidak naik-Unpad

JAKARTA, DISWAY.ID - Untuk para calon mahasiswa 2024 yang mungkin saja diterima di Universitas Padjajaran (Unpad), pihak kampus memastikan tidak ada kenaikan UKT (Uang Kuliah Tunggal).
 
Hal ini kabar baik untuk kamu yang berniat memilih Unpad dalam SNPMB 2024.
 
Dikutip dari laman resmi Unpad, 
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita menegaskan penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2024/2025 ini, Universitas Padjadjaran melakukan sejumlah kebijakan yang berpihak kepada calon mahasiswa baru.
 
Program keberpihakan ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat untuk bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi. 
 
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, ada empat program keberpihakan Unpad untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. Empat program tersebut, yaitu beasiswa untuk peserta berkebutuhan khusus (difabel) yang masuk melalui jalur SNBP dan SNBT; program undangan bagi siswa berprestasi yang tinggal di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T); undangan bagi siswa berprestasi dari kalangan keluarga yang belum pernah melanjutkan studi ke perguruan tinggi; hingga undangan bagi siswa yang sekolahnya belum terepresentasikan di Unpad. 
 
Tahun ini, seluruh program studi di Unpad punya kesempatan sama bagi kelompok difabel untuk mendaftar.
 
Namun, kata Prof. Arief, Unpad akan tetap mengingatkan peserta untuk memilih program studi yang sesuai dengan kondisi yang dialaminya. 
 
 
Tidak Ada Kenaikan UKT
 
 Prof. Arief menegaskan bahwa Unpad tidak akan menaikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk tahun akademik 2024/2025.
 
“Mohon ini disampaikan, takut ada yang khawatir, begitu nanti masuk kena jebakan Batman UKT-nya meningkat. Kami sampaikan di awal, kami tidak aka kenaikan UKT tahun 2024,” tegasnya. 
 
Prof. Arief mengatakan, Unpad menganut prinsip bahwa UKT mahasiswa harus berkeadilan sesuai kemampuan orangtua. Unpad juga memandang bahwa saat ini, masih banyak masyarakat yang belum pulih ekonominya pascapandemi Covid-19.
 
Dasar ini yang menjadikan Unpad tidak menaikkan UKT untuk tahun akademik 2024/2025. 
 
“Kami lakukan efisiensi dalam proses belajar mengajar, sehingga tanpa menaikkan UKT pun kami berusaha semaksimal mungkin agar kualitas pendidikan tidak berubah,” ujarnya.
 
Selain itu, sebagai PTN Badan Hukum, Unpad juga terus memperkuat satuan usaha sehingga proses subsidi silang tidak lagi berasal dari mahasiswa, tetapi dari hasil satuan usaha yang dijalankan Unpad sebagai PTN Badan Hukum.
 
Saat ini, ada delapan kelompok UKT di Unpad.
 
Kamu bisa mengecek di laman resmi Unpad. 
 
 
Mulai Rp500 Ribu
 
Dimulai dari UKT paling rendah sebesar Rp 500 ribu sampai UKT tertinggi.
 
Penghitungan UKT sendiri sangat bergantung pada Biaya Kuliah Tunggal (BKT). 
 
“Kami berusaha agar UKT tidak melewati BKT, sehingga prinsipnya UKT di Unpad adalah berkeadilan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: unpad