24 Perempuan Lulusan Perempuan Inovasi 2023 Ciptakan Aplikasi Untuk Pecahkan Masalah Gender

24 Perempuan Lulusan Perempuan Inovasi 2023 Ciptakan Aplikasi Untuk Pecahkan Masalah Gender

24 lulusan Perempuan Inovasi 2023 ciptakan aplikasi untuk pecahkan masalah wanita-Dok. Magnifique-Dok. Magnifique

JAKARTA, DISWAY.ID - Program Perempuan Inovasi 2023 kini telah mencapai puncaknya. Para peserta yang telah menjadi finalis program berkesempatan untuk mempresentasikan inovasi yang telah mereka ciptakan pada saat sesi “Demo Day” sebagai salah satu rangkaian acara “Graduation Day Perempuan Inovasi 2023”. Finalis yang terpilih sebagai juara 1 Program Perempuan Inovasi 2023 akan berkesempatan meraih hadiah dan juga kesempatan lapangan pekerjaan yang lebih baik dan layak. 

Amanda Simanjuntak, Founder & CEO Markoding mengungkapkan, “Senang sekali bisa menjadi bagian perjalanan istimewa para siswa Perempuan Inovasi. Melalui perayaan “Graduation Day” ini, menjadi bukti nyata bagaimana kami berkomitmen dan berkontribusi pada inovasi teknologi di Indonesia. Kami percaya para siswa berprestasi ini akan mendapat kehidupan yang lebih baik, peluang yang lebih banyak, pendapatan yang lebih layak, yang nantinya juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi juga.”

Program ini dimulai dari tahap registrasi yang telah dikurasi dari 37 provinsi di Indonesia dengan angka 16.596 perempuan mendapatkan dan mengikuti Preliminary Round Basic Course yaitu webinar pelatihan basic web development dan UI/UX design. 

Di Final Round, 36 peserta yang terpilih mendapatkan beasiswa Tech Bootcamp dimana program pelatihannya difokuskan pada full stack web development dan full web UI/UX design. 

Dari sana, siswa akan memulai perjalanan karir awal mereka dengan program internship, freelance, dan kesempatan kerja lain ataupun sebagai entrepreneur. 

Dan mengakhiri journey mereka dari awal, para top students mendapatkan privilege untuk menampilkan projek digital prototypes mereka di “Demo Day” dan juga merayakannya dengan selebrasi kelulusan dalam “Graduation Day Perempuan Inovasi”.

BACA JUGA:Hari Perempuan Sedunia, Ini Cara Influencer Meisya Sallwa Bangun Rasa Percaya Diri

BACA JUGA:Hari Perempuan Sedunia, Momentum Kesetaraan Gender dan Kesempatan Jenjang Karier yang Luas

Sebelum perayaan “Graduation Day”, dengan bangga 2 siswa Perempuan Inovasi telah lebih dulu mendapat pekerjaan dalam dua kategori pelatihan seperti Diah Purnama Sari dari Track Web Development pada bidang Cyber Security dan Novita Lia Nurliam Sari dari Track UI/UX design sebagai freelance (paruh waktu) menjadi UI/UX Designer bagi beberapa perusahaan sebelum menyelesaikan studinya di Bootcamp Perempuan Inovasi 2023 ini.

Melengkapi kebahagiaan di momen “Graduation Day” ini Perempuan Inovasi juga mengumumkan siswa terbaik yang mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi setelah mengikuti program belajar bersama Perempuan Inovasi. Kategori pengumuman awarding ini dibagi menjadi dua kategori yaitu WebDev dan UI/UX Design degan tiga (3) pemenang; juara 1, juara 2, dan juara 3. 

Adapun kelompok dari WebDev Track yang tampil untuk mempresentasikan inovasi mereka sebagai berikut: 

  • Kelompok Rohana Kuddus - Skilled Women: website yang mempermudah akses perempuan ke pembelajaran yang tepat untuk memulai kesuksesan karir, melalui tahapan skill dasar sebuah pekerjaan dan disertai rekomendasi kelas online terkait.
  • Kelompok Dewi Sartika - SheTalk: platform untuk memberikan support atau wadah diskusi dimana para perempuan bisa berbagi pengalaman, pertanyaan, dan pengetahuan mereka seputar kesehatan seksual dan reproduksi.
  • Kelompok Rangkayo Rasuna Said - Equip Parenting: Aplikasi mobile untuk improve pemahaman kesetaraan gender dalam pola asuh.

BACA JUGA:Hari Perempuan Internasional 2024 Jadi Google Doodle, Rasa Hormat untuk Kaum Hawa agar Setara dengan Pria

BACA JUGA:AIA Vitality Women's 10K Hadir Kembali dengan Playground Baru di Solo, Ajak Perempuan Lebih Aktif dan Sehat

Sedangkan dari UI/UX Design Track, kelompok yang tampil untuk mempresentasikan inovasi mereka adalah:

  • Kelompok R.A. Kartini - Terang: aplikasi yang diciptakan eksklusif tidak hanya untuk menjembatani wanita ke lapangan kerja, tetapi juga menyediakan career-support kapanpun dibutuhkan guna mendukung perkembangan karir, memaksimalkan daya saing, menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, meningkatkan jumlah angkatan kerja wanita, dan memastikan bahwa hak tiap perempuan di lapangan kerja terpenuhi.
  • Kelompok Cut Nyak Dien - SERA (Sexual Reproduction Assistance): Aplikasi mobile yang menyediakan informasi dan penyelesaian masalah kesehatan seksual dan reproduksi berupa AI dengan mudah, menyenangkan, dan bermanfaat.
  • Kelompok Maria Ulfa Santoso - She Grows: Platform digital berbasis mobile web untuk memberdayakan ekonomi perempuan terutama ibu rumah tangga, dengan menyediakan informasi peluang kerja remote dan pelatihan persiapan memasuki dunia kerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: