Sejarah Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta Barat, Kebanggaan Warga Betawi!

Sejarah Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta Barat, Kebanggaan Warga Betawi!

Sejarah Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta Barat, Kebanggaan Warga Betawi!-Disway/Candra Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Masjid Raya KH Hasyim Asyari ternyata memiliki sejarah yang menarik untuk dikulik. Dari awal pemerintahan Gubernur Joko Widodo, hingga sampai sekarang berdiri kokoh nan megah.

Terletak di Jalan Daan Mogot KM 14,5 No.14, RT.3/RW.14, Kel. Duri Kosambi, Kec. Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Dari depan, Masjid itu sudah terlihat luas dan mewah. Memang cocok jika tempat ibadah itu menjadi kebanggaan warga Jakarta Barat.

BACA JUGA:PWNU Gelar Rukyatul Hilal di Masjid Raya Hasyim Ashari, Tentukan 1 Ramadhan 1445 H Menggunakan 2 Teleskop

Masjid Raya KH Hasyim Asyari berdiri dari tahun 2017. Namun, proses peletakan batu pertama itu sudah dilakukan sejak 2014. Artinya masjid tersebut usianya masih muda. 

Meski begitu, rumah ibadah yang berdiri diatas lahan seluas 2,4 Hektar itu merupakan salah satu pusat kebudayaan islam di Jakarta.

Sekretariat Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Alvin Fanani mengatakan, ide pembangunan masjid tersebut diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

BACA JUGA:Ciledug Indah Banjir 1 Meter Lebih, Akses Jalan KH Hasyim Ashari Menuju Jakarta Ditutup

"Jadi gini dulu tuh waktu Pak Jokowi jalan-jalan ke Istiqlal terus nanya, 'Lho ini Istiqlal bukan masjid DKI?' dia pun terkejut, dan kemudian akhirnya dibangunlah Masjid Raya KH Hasyim Asyari," ujar Alvin sambil tersenyum.

Namun program itu baru terealisasi ketika zaman gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Pemberian nama Hasyim Asyari sendiri terinspirasi dari nama tokoh islam yang bergelar pahlawan nasional. Kyai Hasyim Asy'ari. Juga merupakan pendiri organisasi yang identik dengan lagu 'Yalal waton' itu.

BACA JUGA:Aturan Lepas Masker, Salat di Masjid Raya KH. Hasyim Ashari Sudah Kembali Normal

"Makanya masjid ini berbasis Nahdlatul Ulama (NU)," tutur Alvin sambil menyalakan korek.

Pada awalnya Gubernur DKI saat itu ingin membuat masjid raya di setiap sudutnya. Dari Jakarta Utara, Barat, Timur, dan Selatan. Akan tetapi Ahok gagal merealisasikan program tersebut.

Saat itu satu-satunya Masjid Raya yang ada di Jakarta terletak di Jl. Kramat Jaya Raya No.1, RT.6/RW.1, Kel. Tugu Utara, Kec. Koja, Jakarta Utara. Bernama Jakarta Islamic Centre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: