70 Ribu Warga Palestina Laksanakan Salat Tarawih, Israel Pasang Pembatas di 3 Gerbang Menuju Masjid Al-Aqsa

70 Ribu Warga Palestina Laksanakan Salat Tarawih, Israel Pasang Pembatas di 3 Gerbang Menuju Masjid Al-Aqsa

70 Ribu Warga Palestina Melaksanakan Salat Tarawih, Israel Pasang Pembatas di 3 Gerbang Menuju Masjid Al-Aqsa-Screenshoot/YouTube-

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Palestina pada Kamis mengecam keras Israel karena memasang penghalang besi di tiga gerbang menuju Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki. 

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan langkah Israel adalah upaya untuk mengubah realitas sejarah, hukum, dan politik Masjid Al-Aqsa.

BACA JUGA:Boeing Investigasi Pesawat 787 Dreamliner LATAM Airlines 'Terjun Bebas', Pakar: Peristiwa Angsa Hitam Sangat Langka

BACA JUGA:Pesawat LATAM Airlines Berguncang di Udara, Penumpang Terlempar, 4 Orang Masih Dirawat

Mereka menganggap pemasangan penghalang besi sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional dan kewajiban Israel sebagai kekuatan pendudukan terhadap tempat ibadah.

Kementerian tersebut menyerukan intervensi internasional untuk menghentikan pelanggaran Israel terhadap Yerusalem dan kesucian umat Kristen dan Muslim.

Kelompok Hamas Palestina juga mengecam tindakan Israel dan mengatakan itu adalah upaya keji untuk mencegah jamaah mencapai Masjid Al-Aqsa selama bulan Ramadhan.

Pada Kamis pagi, polisi Israel mengatakan pihaknya memasang apa yang mereka gambarkan sebagai bala bantuan kepada personelnya di gerbang menuju Masjid Al-Aqsa, dan membantah membuat penghalang di depan jamaah.

BACA JUGA:Selandia Baru Menyita Kotak Hitam Boeing 787 LATAM Airlines, Imbas Pesawat ‘Terjun Bebas’ di Tengah Penerbangan

BACA JUGA:2 Ribu Petugas Kesehatan Jalani Ramadan Tanpa Sahur dan Buka di Jalur Gaza

Israel telah membatasi akses jamaah Palestina ke Masjid Al-Aqsa di tengah meningkatnya ketegangan di Tepi Barat yang diduduki akibat serangan Tel Aviv yang sedang berlangsung di Jalur Gaza menyusul serangan Hamas, yang telah menyebabkan lebih dari 31.300 orang tewas sejak Oktober lalu.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam.

Orang-orang Yahudi menyebut kawasan itu sebagai Bukit Bait Suci, mengklaim bahwa tempat itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel tahun 1967.

Mereka mencaplok seluruh kota pada tahun 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: