Ada Perbedaan Bagi CPDB Tingkat SD, Disdik DKI: Terdapat Zona Prioritas

Ada Perbedaan Bagi CPDB Tingkat SD, Disdik DKI: Terdapat Zona Prioritas

Komisi E DPRD DKI Jakarta menggelar rapat dengan Disdik DKI tentang PPDB 2024, Senin 27 Mei 2024.-Candra Pratama-

JAKARTA, DISWAY.IDDinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan, terdapat zona prioritas bagi calon peserta didik baru (CPDB) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ajaran 2024 untuk tingkat SD. 

Sehingga terdapat perubahan bagi kuota untuk zona prioritas untuk siswa sekolah dasar (SD).

BACA JUGA:Disdik DKI Pastikan Tak Ada Praktik Jual Beli Kursi di PPDB 2024

BACA JUGA:Pendaftaran Jalur Zonasi PPDB Madrasah Jakarta 2024 Dibuka Hari ini, Begini Cara Daftarnya

"Pada PPDB 2024 ada perubahan pada jalur zona prioritas bagi siswa SD," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo pada Senin, 27 Mei 2024 di Ruang Rapat Komisi E DPRD DKI Jakarta.

Purwo mengatakan, pada PPDB tahun lalu untuk tingkat SD semua dipatok dengan kategori usia. Jadi siapa pun yang usianya lebih tinggi, maka dialah yang diterima tanpa memprioritaskan zonasi. 

Sehingga kata Purwo, banyak masyarakat terutama yang rumahnya berdekatan atau satu RT dengan sekolah tidak diterima lantaran kalah bersaing dengan usia masuk. 

Maka dari itu, lanjut Purwo, pada PPDB 2024 khususnya jenjang SD dilakukan penyempurnaan dengan menambahkan zona prioritas RT. 

BACA JUGA:Jadwal PPDB Jakarta 2024 yang Dibuka Serentak Pada 10 Juni, Ada 11 Jalur Penerimaan!

BACA JUGA:Pengajuan Akun PPDB Jakarta 2024 Jenjang SMP Dibuka Hari ini, Cek Cara dan Tahapannya

"Walaupun sebetulnya kami melaksanakan amanah Permendikbud bahwa jenjang SD itu usia. Namun kami sempurnakan dengan mengakomodasi warga yang satu RT dengan SD sehingga bisa masuk sekolah, dan sisanya berbasis kelurahan," tuturnya. 

Purwo yang juga Ketua Panitia PPDB 2024 DKI Jakarta menyampaikan, selain tingkatan SD, selebihnya seperti SMP sampai SMA/SMK masih sama dengan PPDB tahun 2023 yang menerapkan sistem zonasi. 

Sementara itu, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria mengatakan, rapat kerja hari ini khusus untuk menghadapi PDB tahun pelajaran 2024.

"Kami ingin dengar persiapan PPDB dan langkah-langkah yang telah diperbaiki. Sehingga nanti tidak ada lagi demo, cerita dari orangtua tentang keseimbangan kuota," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: