Mengintip Kehidupan Mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah, Beasiswanya Sampai Rp 1 Miliar

Mengintip Kehidupan Mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah, Beasiswanya Sampai Rp 1 Miliar

Ketua Persatuan Pelajar & Mahasiswa Indonesia (PPMI) Madinah Ahmad Bukhori di kamar asrama mahasiswa Universitas Islam Madinah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Kampus Universitas Islam Madinah (UIM) memiliki 17.873 mahasiswa dari 170 negara. Mahasiswa Indonesia yang mendominasi. Jumlah mereka terbanyak, mencapai 1600 mahasiswa. Sebagian dari mereka menjadi tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi. 

PPIH memang merekrut ratusan tenaga pendukung dari mahasiswa Indonesia yang belajar di Timur Tengah. Selain dari Arab Saudi juga dari Mesir, Tunisia, Iraq, Qatar, dan sebagainya. Kemampuan bahasa Arab mereka dibutuhkan untuk membantu komunikasi PPIH dengan berbagai pihak di Arab Saudi.


Ahmad Bukhori di kampus Universitas Islam Madinah.-Tomy Gutomo-Media Center Haji

Tim Media Center haji (MCH) PPIH, Selasa, 27 Mei 2024, mengunjungi kampus yang jaraknya sekitar 5 km dari Masjid Nabawi itu. Didampingi Ketua Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Madinah Ahmad Bukhori Jawas.

"Mohon maaf hanya laki-laki yang boleh masuk ke dalam area kampus," kata Ahmad Bukhori. Kebetulan tim MCH memang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Mahasiswa asal Jakarta itu kuliah S1 di jurusan Syariah semester 6. 

BACA JUGA:Gowes di Madinah Pakai Sepeda Listrik, Sewa Rp 200 RIbu Seminggu

BACA JUGA:Usia 101 Tahun, Salim Mampu Tawaf dan Sai Tanpa Kursi Roda

Kampus UIM memang dikhususkan bagi laki-laki. Tidak ada mahasiswi di sana. Bahkan tidak ada perempuan di kampus itu. "Kalau mahasiswa perempuan ada di kampus sebelah, Universitas Taibah," kata Zulmar Adiguna, rekan Ahmad Bukhori, juga mahasiswa UIM.


Ahmad Bukhori dan Zulmar Adiguna di kampus Universitas Islam Madinah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

UIM sementara hanya menerima mahasiswa asing untuk jenjang S1. Untuk jenjang S2 dan S3 khusus untuk lulusan S1 di UIM. Setiap tahun, kata Bukhori, ribuan calon mahasiswa dari Indonesia melamar kuliah di UIM. Yang diterima selama ini paling banyak 180 mahasiswa. 

Mereka tersebar di 9 fakultas yakni Syariah, Alquran, Hadis dan Studi Islam, Dakwah dan Ushuluddin, Bahasa Arab, Hukum, Komputer dan Sistem Informasi, Teknik, dan Sains. Paling banyak yang dipilih adalah Syariah, Hadis dan Studi Islam, serta Dakwan dan Ushuluddin.


Skuter listrik menjadi andalan mahasiswa Universitas Islam Madinah untuk mobilitas di kampus. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Semua mahasiswa di UIM mendapat beasiswa penuh. Mulai dari biaya pendidikan, asrama, makan, uang saku, buku, hingga tiket pulang ke Indonesia PP setiap tahun. "Dulu kalau kita nggak pulang, uang tiketnya diberikan mentah (tunai). Sekarang kalau tidak dipakai, ya hangus," kata Bukhori. 

Mahasiswa biasanya pulang ke Indonesia pada liburan panjang. Mereka libur panjang pada musim haji. Awal Zulhijah hingga akhir Muharam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: