3 Makanan Ini Berusia Ribuan Tahun, Kuliner Warisan Budaya dari Kawasan Muaro Jambi

3 Makanan Ini Berusia Ribuan Tahun, Kuliner Warisan Budaya dari Kawasan Muaro Jambi

kuliner Muaro Jambi --(Foto: dok. Ditjen Kebudayaan)

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan revitalisasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi.

Peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya tersebut merupakan salah satu titik peradaban tertinggi  Indonesia yang mencerminkan berbagai aspek kehidupan sosial hingga religius.

Bukan hanya keunggulan bentang alam seperti rawa hingga kanal gunung, KCBN Muaro Jambi kini telah menjadi pusat ilmu pengetahuan dan destinasi spiritual yang inklusif.

BACA JUGA:Revitalisasi KCBN Muaro Jambi Libatkan Masyarakat dan Kearifan Lokal

Bekerja sama dengan Javara dan Seniman Pangan, Dirjen Kebudayaan memperkaya kembali nilai-nilai historis serta budaya dari panganan khas yang telah diwariskan sejak lebih dari 1300 tahun.

"Melalui kolaborasi erat dengan masyarakat lokal, kami ingin menghidupkan kembali tradisi spiritual dan pendidikan yang kaya, sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar dalam menjaga keberlanjutan warisan budaya yang tak ternilai. Dengan begitu, pengunjung yang hadir tidak hanya datang untuk melihat keindahan candi tetapi juga bisa merasakan pengalaman gastronomi yang menarik,” ujar Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Jambi Agus Widiatmoko dalam keterangan tertulis, Rabu, 3 Juli 2024.

BACA JUGA:Ada Kemiripan Budaya, Perwakilan Cagar Budaya Candi Muaro Jambi Belajar ke Vietnam

Jambi sendiri memiliki keanekaragaman hayati pangan dari bentang alam lahan basah sehingga tidak lagi mengimpor makanan.

Bahkan, kuliner Jambi mampu dimanfaatkan secara maksimal, baik dalam bentuk makanan sehari-hari, obat-obatan, hingga minuman.

Pendiri Javara Helianti Hilman menambahkan, warga desa di kawasan Candi Muaro Jambi turut dilatih untuk menghadirkan gastronomi lewat keanekaragaman yang ada sehingga pengunjung bisa merasakan pengalaman dan cerita rasa selama berwisata.

BACA JUGA:9 Candi di KCBN Muaro Jambi Direvitalisasi, Peninggalan Kejayaan Buddha Tertua di Asia Tenggara

Didatangkan dari delapan desa di Jambi, terdapat tiga ekosistem utama keunikan kuliner di Muarajambi.

Warisan Kuliner Muaro Jambi 

1. Makanan Berbasis Rawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: