1 September BBM Subsidi Akan Dibatasi, Masyarakat Mulai Borong Pertalite

1 September BBM Subsidi Akan Dibatasi, Masyarakat Mulai Borong Pertalite

1 September BBM Subsidi Akan Dibatasi, Masyarakat Mulai Borong Pertalite-Disway/Bianca-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menjelang tanggal pemberlakukan pembatasan pemberian dua bahan bakar minyak (BBM) subsidi, yaitu Solar dan Pertalite, pada tanggal 1 September nanti, pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) memprediksi bahwa akan terjadi perubahan dalam perilaku masyarakat seiring dengan semakin dekat-nya mereka terhadap tanggal tersebut.

Menurut keterangan Marketing Director dan Corporate Communication Director ADM, Sri Agung Handayani, salah satu prediksi akan perubahan tersebut adalah adanya antrian pembelian BBM Pertalite menjelang tanggal 1 September.

BACA JUGA:Dampak Pembatasan BBM Subsidi Terhadap Jasa Ekspedisi Diungkap Pengamat

BACA JUGA:Pembelian BBM Subsidi Akan Dibatasi Awal September, Ekonom INDEF: Bakal Terjadi Inflasi

"Pasti akan ada perubahan, tanggal 31 Agustus antrian panjang pembeli Pertalite saya rasa umum terjadi," ujar Agung dalam keterangan tertulis resminya pada Senin 26 Agustus 2024.

Selain itu, Agung juga menambahkan kemungkinan bahwa masyarakat akan mencoba menghemat penggunaan BBM subsidi selama satu atau dua hari pasca peraturan baru tersebut berlaku.

Kendati begitu, dirinya juga menyebutkan kemungkinan bahwa masyarakat akan kembali mencoba beradaptasi dengan pembatasan BBM subsidi.

BACA JUGA:BPH Migas Minta ke Pemda Agar Kendaraan untuk Pembangunan Infrastruktur Tak Gunakan BBM Subsidi

BACA JUGA:Pemberian BBM Subsidi Diperketat, Pajero dan Fortuner Tak Boleh Minum Pertalite Lagi?

"Kita lihat dulu seperti apa, nanti kita amati," kata Agung.

Sementara itu menurut Ekonom Senior dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad, kalangan yang diprediksi akan menjadi kalangan yang paling merasakan dampak dari pembatasan pemberian BBM subsidi Solar dan Pertalite adalah mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas.

"Saya kira karena sebagian besar kendaraan roda empat ketimbang roda dua, mengkonsumsi bbm subsidi, memang nanti untuk kelas menengah keatas yang akan paling merasakan efek atau dampak kenaikkan Pertalite," ujar Tauhid ketika dihubungi oleh Disway pada Senin 26 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Aplikasi XStar Permudah Petani dan Nelayan Dapatkan Surat Rekomendasi BBM Subsidi

BACA JUGA:Beli BBM Subsidi, Cek Aplikasi XStar untuk Terbitkan Surat Rekomendasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: