Jangan Ngasal! Pastikan 6 Hal Jika Akan Nyalip Kendaraan Saat Mudik

Jangan Ngasal! Pastikan 6 Hal Jika Akan Nyalip Kendaraan Saat Mudik

KPCPEN merilis daftar link yang dapat menunjang aktivitas mudik Lebaran 2022.-auto2000-

JAKARTA, DISWAY.ID – Meskipun mendahului atau menyalip pengendara lain merupkan hal yang lumrah atau umum di jalanann namun tetap diperlukan beberapa pertimbangan agar tidak menganggu dan membahayakan pengguna jalan lainya.

“Ada beberapa hal yang harus dipastikan saat akan menyalip kendaraan lain di jalan supaya dapat berlangsung aman dan terhindar dari kecelakaan,” jelas Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Division Head Auto2000.

“Dengan pastikan 6 hal jika akan nyalip kendaraan saat mudik membuat kita bisa mengambil keputusan apakah memang perlu menyalip kendaraan yang berada di depan dengan aman dan tidak  menganggu pengguna jalan lainya,” tambah Imansyah.

1. Pastikan Perlu

Faktor terpenting dari menggunakan sarana umum seperti jalan raya adalah keselamatan bersama. 

BACA JUGA:Pelarangan Ekspor Hingga Harga Migor Curah di Tanah Air Rp 14 Ribu per Liter, CPO dan RPO Tetap Boleh Diekspor

Kita tidak harus memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang tidak perlu, seperti perlukah mendahului jika tidak terburu-buru? 

Jaga emosi dan tetap waspada, hindari keinginan adu nyali dengan pengendara lain hanya karena tidak rela mobilnya dilewati yang justru akan memicu masalah.

2. Pastikan Boleh 

Ada alasan mengapa dipasang rambu dan marka jalan, salah satunya terkait kondisi jalan. 

BACA JUGA:Gunung Anak Krakatau Status Siaga, Bupati Irna: Wisatawan Membatalkan Pemesanan Kamar

Seperti marka jalan tidak terputus di tikungan atau jembatan yang menandakan pengendara dilarang mendahului atau pindah lajur akibat kondisi jalan yang tidak memungkinkan. 

Selain itu rambu dilarang mendahului ketika melewati area perbukitan, pastikan mematuhi aturan tersebut sebelum memutuskan untuk melewati kendaraan di depan.

3. Pastikan Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: