Kabar Baik! Pemerintah Bakal Bagikan STB Siaran TV Digital Secara Gratis untuk Warga Miskin

Kabar Baik! Pemerintah Bakal Bagikan STB Siaran TV Digital Secara Gratis untuk Warga Miskin

Pengalihan siaran TV analog ke TV digital, atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama mulai dilakukan.--

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah memastikan, khusus bagi rumah tangga miskin akan mendapatkan bantuan penyediaan Set Top Box (STB) untuk dapat menerima siaran TV digital pada saat dilakukannya penghentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO).

Komitmen bantuan tersebut diatur dalam PP No. 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran. Adapun, penyediaan STB bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing.

"Apabila jumlah STB belum mencukupi, pemerintah akan melengkapinya dengan pembiayaan dari APBN atau sumber lainnya yang sah," kata Plt. Direktur Jenderal PPI Ismail, Kamis 28 April 2022. 

BACA JUGA:PT AHM Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan D3, Posisinya Apa Saja?

Ismail menyebut, satu Rumah Tangga Miskin hanya berhak menerima satu bantuan STB. Adapun, jumlah STB yang disiapkan untuk ASO tahap pertama mencapai 3.202.470 unit.

"Bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang terdampak ASO, dapat mengunjungi tautan https://komin.fo/stbASO1 untuk melihat data jumlah STB yang akan diterima dan mengetahui penyelenggara yang bertanggung jawab untuk menyediakan STB di wilayah masing-masing," terangnya..

Ismail menjelaskan, bahwa pihaknya menggunakan dan mengolah data penerima bantuan yang berasal dari data DTKS Kementerian Sosial untuk menentukan kriteria penerima bantuan STB. 

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Spanyol 2022, Marc Marquez Ditunggu Bangkit di Jerez

"Hal itu untuk menjaga agar bantuan tepat sasaran dan tepat guna," ujarnya.

Pertama, penerima bantuan STB memiliki pesawat TV analog. Kedua, menikmati siaran TV melalui terrestrial. Ketiga, lokasi rumah tangga berada dalam cakupan wilayah layanan siaran TV Digital.

Dari kriteria tersebut, terlihat bahwa penerima bantuan merupakan penonton televisi analog terestrial yang terkena dampak migrasi ke siaran TV Digital. 

"Saat siaran televisi mati karena beralih ke siaran TV Digital, bantuan STB memastikan masyarakat miskin yang terdampak ASO tetap terpenuhi hak untuk mendapatkan informasi," terangnya.

Selain itu, kata Ismail, rumah tangga miskin penerima bantuan perlu menyiapkan Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

BACA JUGA:Malam Ini Puncak Arus Mudik 2022, ASDP Kerahkan Kapal Berukuran Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: