Diterjang Angin Kecang 25 Rumah di Kabupaten Grobongan Nyaris Roboh, BNPB: Besok Hujan Antisipasi Dini

Diterjang Angin Kecang 25 Rumah di Kabupaten Grobongan Nyaris Roboh, BNPB: Besok Hujan Antisipasi Dini

Salah satu rumah Kabupaten Gerbongan, Jawa Tengah tertimpa pohon. Data yang ada 25 rumah nyaris roboh diterjang angin kencang, Minggu 13 Maret 2022.-BPBD Gerobongan/BNPB-

GROBONGAN, DISWAY.ID Angin kencang mengakibatkan 25 rumah warga Kabupaten Grobongan, Provinsi Jawa Tengah, nyaris roboh akibat diterjang Angin kencang yang terjadi Minggu 13 Maret pukul 23.00 WIB.

BPBD setempat mencatat total rumah rusak sebanyak 25 unit tersebut kini sedang dalam perbaikan, menyusul langkah antisipasi yang terus dilakukan.

"Rumah rusak dengan kategori sedang akibat angin kencang tersebut berjumlah 13 unit, sedangkan rusak ringan 12 unit," terang Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Senin 14 Maret 2022.

(BACA JUGA:Sub Varian Omicron BA.2 Mengancam Indonesia, PPKM Luar Jawa Terpaksa Diperpanjang)

Peristiwa ini berlangsung bersamaan dengan hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Desa Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo. BPBD melaporkan insiden ini tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa atau pun warga mengungsi.

Pascainsiden, BPBD bersama warga melakukan gotong royong untuk membersihkan puing material bangunan.

Selain itu, petugas BPBD setempat yang dibantu Satpol PP dan aparat desa juga melakukan pembersihan pohon maupun ranting-ranting tumbang yang menimpa rumah warga. BPBD telah berkoordinasi dengan pihak desa untuk mendata 25 KK terdampak.

(BACA JUGA:Kasus Infeksi Baru Virus Corona di China Meningkat Tiga Kali Lipat )

Menyikapi kejadian ini, BNPB mengimbau pemerintah dan warga untuk tetap waspada. Prakiraan cuaca esok hari, Selasa 15 Maret 2022, wilayah kecamatan ini masih berpeluang hujan ringan hingga sedang.

Mengantisipasi dampak angin kencang, pemerintah daeah dan warga dapat meminimalkan potensi risiko dengan memangkas ranting pohon yang ada di ruang publik maupun sekitar rumah.

Selain itu, setiap keluarga dapat melakukan pengecekan maupun penguatan kondisi atap sehingga kokoh saat angin kencang terjadi.

(BACA JUGA:Pemda NTT Akhirnya Punya Mal Pelayanan Publik, Tito Karnavian: Minimal Mengurangi Potensi Korupsi)

Sementara itu, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan terdapat satu warga luka ringan usai diterjang angin kencang di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat 11 Maret 2022.

Kejadian ini berawal setelah hujan deras mengguyur lokasi kejadian yang disertai angin kencang sekitar pukul 14.45 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb