Wabah PMK Merebak, Bupati OKI: Masyarakat Jangan Terlalu Khawatir Konsumsi Daging

Wabah PMK Merebak, Bupati OKI:  Masyarakat Jangan Terlalu Khawatir Konsumsi Daging

Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar-Instagram-

OKI, DISWAY.ID-Di tengah mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar mengajak masyarakat untuk tetap mengonsumsi daging sapi tanpa takut wabah PMK.

"Kepada masyarakat jangan terlalu khawatir untuk konsumsi daging terkait PMK di hewan ternak. Karena di Sumatera belum ada dan sudah diantisipasi," terang Iskandar di Pasar Kayuagung, Senin 20 Juni 2022

Menurut Iskandar, mendekati Hari Raya Idul Adha atau kurban nanti Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI akan mengontrol kesehatan sapi-sapi dan hewan lainnya yang akan di kurbankan.

“PMK ini kan tidak menular ke manusia, apalagi wabah PMK ada di pulau Jawa. Kurban nanti petugas Disbunnak mengawasi dan meriksa kesehatan hewan yang akan disembelih,” ungkapnya.

BACA JUGA:50 Ternak Sapi di Rejang Lebong Terserang Wabah PMK

Sementara itu, Kepala Disbunnak Kabupaten OKI, Imlan Kaium menjelaskan, untuk obat-obatan dan vaksin untuk hewan ternak akan tiba di Sumatera termasuk untuk Kabupaten OKI dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:Mentan Limpo Siapkan 800 Ribu Dosis Vaksin PMK Hewan

“Petugas di puskeswan-puskeswan yang tersebar di Kabupaten OKI selalu memantau sapi baik dari luar Provinsi maupun sebaliknya yang masuk, agar  PMK tidak berkembang di OKI,” ungkapnya.

Sambungnya, untuk hewan ternak di Kabupaten OKI yang pernah terjangkit PMK sekarang ini sudah sehat 100 persen, setelah diobati. Untuk saat ini tidak ada satu ada satu ekor pun hewan ternak di Kabupaten OKI yang terjangkit PMK. (nis)

Sumber: