Simak, Ini Tips Aman Konsumsi Obat di Tengah Polemik Gangguan Gagal Ginjal Akut Pada Anak dari Kemenkes

Simak, Ini Tips Aman Konsumsi Obat di Tengah Polemik Gangguan Gagal Ginjal Akut Pada Anak dari Kemenkes

Konsumsi Obat Paracetamol Terlalu Banyak Bisa Berakibat Fatal Buat Kesehatan Hati Manusia-user18526052-Freepik

Tips Aman Mengonsumsi Obat di Tengah Polemik Gangguan Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Lebih lanjut, dr. M Tatang juga menambahkan tips aman mengonsumsi obat di tengah polemik gangguan gagal ginjal pada anak.

"Untuk saat ini, sebisa mungkin menghindari konsumsi obat sirup atau drop, yang berbentuk cairan. Sebagai alternatif, bisa menggunakan obat racikan atau puyer. Jika pun diperlukan menggunakan obat sirup, pastikan obat tersebut tidak masuk dalam daftar yang dilarang oleh Kemenkes," ujarnya.

Lebih jauh, dalam kesempatan tersebut dokter juga menyampaikan ada beberapa cara untuk menurunkan demam anak tanpa harus mengonsumsi obat.

"Cobalah untuk mengompres dengan kain dan air hangat di bagian dahi, tangan. Selain itu, pastikan juga anak tetap terhidrasi dengan baik, jangan sampai kekurangan cairan. Menyalakan AC (Air Conditioner) juga bisa dlakukan, serta pastikan sirkulasi udara di ruangan baik, jangan terlalu tertutup," pungkasnya.

BACA JUGA:Cara Unik Polres Jakarta Barat Terima Masukan Warga, Interaksi Langsung Sambil Ngopi Bareng

BACA JUGA:Prediksi dan Link Live Streaming Manchester City vs Chelsea, Final Carabao Cup Dini Hari

Penuhi Kebutuhan Gizi, Vitamin Pada Anak dengan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Tak ketinggalan, dalam pemaparannya, dr. M Tantang juga mengimbau para orang tua untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin anak.

Gak melulu dari vitamin sirup atau tablet yang beredar di pasaran, vitamin juga bisa didapat serta terpenuhi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

"Kebutuhan vitamin tidak hanya didapat dari sejumlah merek yang beredar di pasaran, tapi juga dari makanan dan minuman yang bergizi. Misalnya saja, susu," ujarnya.

Oleh karena itu, para orang tua diimbau untuk memperhatikan konsumsi makanan dan minuman bergizi pada anak.

Yang jelas, jangan panik dengan kasus gangguan gagal ginjal akut pada anak, justru jadilah orang tua yang cermat dalam menyikapinya.

Namun perlu diingat, jangan lupa segera ke fasilitas kesehatan terdekat jika anak memiliki gejala-gejala yang telah disebutkan di atas. 

Itu dia deretan tips dalam menyikapi kasus gangguan gagal ginjal akut pada anak yang bisa diikuti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: