Wabah Marburg 'Ngamuk' di Afrika, Apa Itu? Ini Dia Penjelasan, Gejala, dan Cara Penyebarannya di Beberapa Negara

Wabah Marburg 'Ngamuk' di Afrika, Apa Itu? Ini Dia Penjelasan, Gejala, dan Cara Penyebarannya di Beberapa Negara

Varian Eris telah memicu lonjakan kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia-Foto/Pixabay/MintBlack4u-Berbagai sumber

Menurut pedoman WHO, cara terpenting untuk mencegah penyebaran virus Marburg adalah dengan mengenakan sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai (termasuk masker) saat bekerja, menjelajahi atau mengunjungi tambang atau gua tempat tinggal kelelawar buah. Selama wabah, semua produk hewani (darah dan daging) harus dimasak dengan matang sebelum digunakan.

Selain itu, berikut beberapa langkah pencegahan penyebaran virus Marburg:

1. Mengurangi risiko penularan dari manusia ke manusia di masyarakat melalui kontak langsung atau dekat dengan penderita yang terinfeksi, terutama dengan cairan tubuhnya.

2. Kontak fisik yang dekat dengan pasien Marburg harus dihindari. Sarung tangan dan alat pelindung diri yang sesuai harus digunakan saat merawat pasien yang sakit di rumah.

3. Setelah berobat ke rumah sakit dan setelah berobat di rumah pasien yang sakit, cuci tangan secara rutin harus dilakukan di rumah kerabat yang sakit.

4. Langkah-langkah pengendalian hama termasuk penguburan yang cepat, aman dan bermartabat.

5. Identifikasi orang-orang yang mungkin pernah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi Marburg dan pantau kesehatannya selama 21 hari.

6. Penting untuk memisahkan yang sehat dari yang sakit untuk mencegah penyebaran dan pengobatan pasien yang terkonfirmasi serta menjaga kebersihan dan lingkungan yang bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: