Anggaran Insentif Kendaraan Motor Listrik 2024 Turun Jadi Rp350 Miliar, Menperin: Cuma untuk 50 Ribu Unit

Anggaran Insentif Kendaraan Motor Listrik 2024 Turun Jadi Rp350 Miliar, Menperin: Cuma untuk 50 Ribu Unit

Menperin Agus Gumiwang-ilustrasi-Kemenperin

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut, tengah menyiapkan anggaran sekitar Rp 350 miliar untuk insentif kendaraan motor listrik pagu indikatif anggaran 2024.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp350 miliar tersebut nantinya bakal diberikan untuk kuota subsidi 50.000 unit motor listrik.

"Kita ada sekitar Rp 350 miliar untuk kelanjutan bantuan pemerintah untuk pembelian 50 ribu kendaraan listrik roda dua. Roda empat belum dibahas," kata Agus di DPR, Selasa 13 Juni 2023.

BACA JUGA:Heboh! Bayar Pajak Kendaraan Dapat Motor Listrik Gratis, Caranya Gampang, Syaratnya Cukup...

Agus menyebut, target penyaluran insentif motor listrik tersebut menurun dari tahun ini yang ditargetkan mencapai 200 ribu unit dengan total anggaran Rp 1,4 triliun yang masuk dalam penambahan anggaran Kemenperin di tahun 2023.

"Meski kuota subsidi motor listrik tahun 2024 lebih sedikit dibandingkan tahun ini, pemerintah tetap konsisten melakukan transisi motor berbasis fosil menjadi motor listrik berbasis baterai," ujarnya.

BACA JUGA:Honda Bakal Luncurkan 10 Model Motor Listrik di 2023, Baterainya Bisa Ditukar!

Agus menekankan, saat ini, pemerintah terus melakukan sosialiasi terkait motor listrik agar manfaat penggunaan motor listrik dapat dipahami masyarakat.

"Yang terpenting di sini adalah kita mengubah mindset kultur dari masalah di Indonesia pentingnya melakukan transformasi ke kendaraan listrik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: