Terungkap! Modus Kasir 19 Tahun Curi Omzet Toko Gelato 45 Juta ke Rekening Pribadi

Terungkap! Modus Kasir 19 Tahun Curi Omzet Toko Gelato 45 Juta ke Rekening Pribadi

Aksi fraud kasir gelato di Mal Jakarta Barat viral di media sosial karena diduga mencuri omzet penjualan hingga Rp45 Juta-Instagram ristianaeteng-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebuah video merekam aksi kasir perempuan yang mencuri uang hasil transaksi toko gelato di sebuah Mal di Jakarta Barat hingga Rp 45 juta viral di media sosial. 

Aksi fraud atau kecurangan yang dilakukan kasir perempuan berinisial AS (19) menipu customer yang hendak membayar dengan QRIS.

BACA JUGA:Makin Gampang! Kini Pembayaran QRIS Pakai Kartu Kredit BRI Dapat Melalui BRImo

BACA JUGA:Muncul Kasus QRIS Palsu di Beberapa Masjid, Polri Imbau Masyarakat Donasi di Lembaga Amal Resmi

Bukan menggunakan scan QRIS resmi milik toko malah mengelabui pelanggan dengan transaksi QRIS ke rekening pribadi melalui ponselnya.

Modus kecurangan kasir itu bahkan sudah beredar luas di media sosial. Pemilik toko bernama Legato Gelato bahkan. membagikan video yang menunjukkan tampang pencuri tanpa sensor. 

"Jadi tim Legato itu bingung banget kok sales di 1 store ini 3 bulan terakhir menurun jauh, cuma biar kita bisa dapet kesimpulan dari data kalau ini ada yang aneh kan ga bisa cuma liat angka dari 1-2 hari aja. Tim kita sampe discuss hal ini lumayan lama di rapat pleno dan kita jg sampe chat mall nya apakah ada penurunan traffic," tulis akun ristianaeteng selaku pemilik dikutip Disway.id, Rabu, 10 Oktober 2023. 

BACA JUGA: Modus Pelaku Tempelkan Stiker QRIS Palsu di Masjid Terungkap, Kombes Pol Auliansyah Buat Pengakuan

BACA JUGA:Tidak Lagi Gratis! Merchant QRIS Kena Biaya Transaksi 0,3% per Juli Ini

"Akhirnya kita coba jebak dengan pura-pura jadi customer. Ternyata si Aulia ini ambilin cash yang masuk, customernya tetap dapet struk tapi dikasi struk yang dia reprint dari transaksi sebelumnya. Kalau yang mau bayar QR di hp dia, dia udah siapin 2 QR, QR store & QR pribadi dia (padahal payment dgn QR itu selalu pake yang di akrilik). Mind you dimeja jg ada CCTV kasir, jd memang berani banget aja anak ini," jelas Ristiana. 

Alhasil, owner pemilik gelato ini syok tak menyangka aksi kecurangan hingga berujung menurunnya omzet dilakukan kasirnya sendiri. Terlebih kasir itu sudah bekerja setahun di toko gelato itu.

"Jujur dari kejadian ini gw kecewa banget-banget, kecewa sama karyawan dan sama diri sendiri juga. Kadang tuh bukannya kita ga percaya sama karyawan, tp hal-hal kaya gini yang bikin kita jadi harus pukul rata was-was juga ke semua karyawan (termasuk yang jujur). For this reason, starting ASAP kita bakalan eliminate semua payment menggunakan cash. We will only receive digital payment," ungkap pemilik toko. 

BACA JUGA:Waspada! 38 Masjid di Jakarta Kena QRIS Palsu, Ini Daftarnya dan Lokasinya

BACA JUGA:Ini Tampang Pelaku yang Tempel QRIS Palsu Kotak Amal Masjid di Jakarta

Dalam video berdurasi 45 detik yang sudah ditonton 1,7 Juta kali itu, terlihat kasir itu tertangkap basah melakukan penipuan dan pencurian terhadap perusahaannya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ristiana Eteng (@ristianaeteng)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: