Status Gunung Ruang Turun ke Level III, Bandara Sam Ratulangi Kembali Dibuka

Status Gunung Ruang Turun ke Level III, Bandara Sam Ratulangi Kembali Dibuka

Bandara Sam Ratulangi kembali dibuka-Status Gunung Ruang turun -Kemenhub

Serta Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 153 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Prosedur Collaborative Decision Making (CDM) Penanganan Dampak Abu Vulkanik terhadap Operasi Penerbangan melalui Integrated Web Based Aeronautical Information System Handling (I-WISH) sebagai pedoman pelaksanaan penanganan force majeure erupsi Gunung Merapi.

Dikutip dari laman ESDM, Gunungapi (G.) Ruang merupakan gunungapi bertipe strato dan menjulang tinggi 725 m dpl dari batas pantai sekaligus membentuk satu pulau tersendiri yang terpisah dengan pulau lainnya.

BACA JUGA:1 Helikopter BNPB Siaga Penuh Evakuasi Warga Dampak Erupsi Gunung Ruang

Secara geografis, G. Ruang terletak pada posisi koordinat 2o19' 18,30” LU dan 125o  24' 30,42 BT dan secara administratif berada di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Gunungapi Ruang diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Sejarah erupsi G. Ruang tercatat sejak 1808 dan memiliki interval erupsi berkisar antara 1 hingga 30 tahun. Erupsi terakhir terjadi pada 2002, yang merupakan erupsi eksplosif disertai awan panas. Mengakibatkan kerusakan lahan dan pemukiman serta mengharuskan pengungsian penduduk.

(Ayu Novita)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: