Kloter Pertama Berangkat, Menteri Agama Minta Jamaah Haji Luruskan Niat

Kloter Pertama Berangkat, Menteri Agama Minta Jamaah Haji Luruskan  Niat

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa jamaah haji lansia di kursi bisnis.-Media Center Haji-

JAKARTA, DISWAY.ID – Jamaah haji pertama yang berangkat ke tanah suci tergabung dalam kloter I Embarkasi  Gede, Jakarta. Sebanyak 338 jamaah dilepas oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu, 12 Mei 2024, pukul 01.00 dini hari.

Menag didampingi  Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzili, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief bersama sejumlah pejabat eselon I dan II , serta para Staf Ahli, Staf Khusus, dan Tenaga Ahli Menag.


Gusmen menyapa jamaah haji kloter pertama di Bandara soekarno-Hatta, Tangerang.-Media Center Haji-

"Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci," ucap Gusme – sapaan Yaqut Cholil Qoumas kepada jamaah di pesawat.

BACA JUGA:Jarak Hotel Jamaah Haji Indonesia ke Masjid Nabawi Terdekat 50 Meter, Terjauh 400 Meter

Dalam kesempatan itu, Yaqut mengingatkan agar jamah haji menjaga kesehatan fisik. Sebab  cuaca di Arab Saudi sangat panas. “Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum," ucapnya.

Menag  meminta para jamaah tak segan meminta tolong kepada petugas jika membutuhkan sesuatu. Ia pastikan, petugas akan membantu dengan setulus hati.

“Kami di Kemenag bersama Kemenkes sudah menyiapkan petugas-petugas yang akan dan siap melayani bapak ibu sekalian. Apapun kebutuhannya sampaikan kepada petugas, jangan sungkan," kata Gusmen.

BACA JUGA:Ribuan Pengantar Calon Jamaah Haji Padati Asrama Haji Pondok Gede

Menurut Gusmen, akan banyak tantangan yang akan dihadapi jamaah. Namun Ia yakin para jemaah dengan dibantu petugas akan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar.

"Kami di Tanah Air mendoakan agar Bapak Ibu semua mendapatkan predikat haji mabrur. Dan doakan agar Indonesia menjadi Negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Aman-aman di jalan dan semoga sampai dengan selamat," ujar Menag.

 Gusmen pun menyapa  jamaah lanjut usia (lansia) yang mendapat prioritas dengan duduk di kursi bisnis. Tahun ini, Kementerian Agama masih mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Ada sekitar 45.678 jemaah dengan usia 65 tahun ke atas (21,41%).

BACA JUGA:Katering Jamaah Haji RI 2024 Gunakan 70 Ton Bumbu Asli Indonesia

BACA JUGA:Tinjau Dapur Katering Haji di Madinah, Menag Minta Selalu Ada Menu Tempe dan Tahu

Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jamaah, termasuk para lanjut usia. Selama mengikuti bimbingan teknis, para petugas dilatih dan diingatkan agar lebih ramah dan peduli kepada jamaah, khususnya lansia. Seluruh jemaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: