Soroti Perkara Etik Nurul Ghufron, Pengamat Hukum: Dewas KPK Wajib Patuhi Putusan PTUN

Soroti Perkara Etik Nurul Ghufron, Pengamat Hukum: Dewas KPK Wajib Patuhi Putusan PTUN

MAKI sayangkan Dewas KPK tunda pembacaan putusan sidang etik Nurul Gufron dan seharusnya dewas tetap membacakan hasil sidang etik tersebut -Ayu Novita-

JAKARTA, DISWAY.ID - Akademisi dari Universitas Indonesia, Ujang Komaruddin, menekankan pentingnya Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghormati dan melaksanakan putusan pengadilan. 

Menurut Ujang, putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memenangkan gugatan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, harus dihormati.

BACA JUGA:MAKI Sayangkan Dewas KPK Tunda Pembacaan Putusan Sidang Etik Nurul Ghufron

BACA JUGA:Alexander Marwata Diminta Klarifikasi Bareskrim Polri, Buntut Laporan Nurul Ghrufron Soal Dewas

“Dewas (harus) bekerja sesuai dengan aturan, komisioner KPK juga bekerja sesuai dengan kewenangan, jangan melanggar etik. Ya tentu kemenangan Nurul Ghufron di PTUN itu keputusan pengadilan harus dihormati, tapi kalau Nurul Ghufron melanggar etik juga perlu diperiksa oleh Dewas,” jelas Ujang dalam keterangannya, Sabtu 25 Mei 2024. 

Ia menambahkan bahwa semua proses harus dihormati dan menjaga kredibilitas KPK adalah hal yang utama. 

“Institusi KPK harus dijaga,” tegas Ujang.

Pengamat hukum Edi Hardum juga memberikan pandangan serupa, menyoroti prinsip hukum Res Judicata Pro Veritatae Habitur, yang berarti putusan hakim harus dilaksanakan meskipun ada pihak yang menganggapnya keliru. 

BACA JUGA:Ketua KPK Cuek Ditanya Soal Nurul Ghufron Laporkan Dewas ke Bareskrim Polri

"Putusan PTUN atas gugatan dari Nurul Ghufron yang mengabulkan gugatan tersebut harus dilaksanakan. Kita ini negara hukum, di mana hukum sebagai panglima," tegas Edi.

Edi menjelaskan bahwa meskipun ada pro dan kontra terkait putusan tersebut, prinsip negara hukum mengharuskan semua pihak untuk mematuhi putusan hakim. 

“Dewas KPK adalah lembaga negara yang mengawasi jalannya komisioner KPK oleh karena itu meskipun penilaian sejumlah orang bahwa keputusan itu salah tapi karena kita menganut negara hukum, hukum sebagai panglima maka harus mengikuti prinsip putusan hakim. Kalau misalnya dianggap salah diajukan upaya hukum lain tentunya upaya hukum banding terhadap putusan itu,” tambah Edi.

Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, menyoroti putusan sela PTUN yang meminta Dewas KPK menunda pembacaan putusan etik Nurul Ghufron. 

BACA JUGA:Kuasa Hukum Nurul Ghufron Desak Dewas KPK Patuhi Putusan PTUN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: