Ditanya DPR Soal Maraknya Platform Investasi Tipu-tipu, Johnny G Plate Akui Masih Tumbuh Subur

Ditanya DPR Soal Maraknya Platform Investasi Tipu-tipu, Johnny G Plate Akui Masih Tumbuh Subur

Ilustrasi: market platform digital-Pixabay/@PhotoMIX-Company-

Selanjutnya dalam langkah pencegahan, Kemenkominfo melakukan pengaisan di dunia digital secara rutin. 

”Ini untuk mencari adanya pinjaman online yang diduga ilegal, yang selanjutnya diteruskan kepada OJK untuk diverifikasi,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan Tongam L. Tobing menyebut banyak produk Investasi yang ditawarkan kepada masyarakat tidak diiringi dengan edukasi tentang hak dan kewajiban konsumen.

Akibatnya masyarakat mudah tergiur dengan penawaran investasi yang menawarkan pengembalian tinggi yang ternyata adalah investasi yang tidak berizin.

Pada Binary Option tidak terdapat kegiatan perdagangan dan kegiatannya cenderung seperti judi.

Dalam Binary Option, trader diminta untuk memprediksi atau menebak harga suatu instrumen apakah akan mengalami kenaikan atau penurunan dalam jangka waktu tertentu. 

Nah, pada umumnya ditawarkan melalui pialang berjangka luar negeri yang tidak memiliki izin di Indonesia.

Fenomena banyaknya penawaran investasi bodong atau ilegal telah memakan korban bahkan diperkirakan transaksi investasi tipu-tipu. 

Agar tidak terjadi lagi kasus serupa, pemangku kepentingan harus terus meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mencegah terjerumusnya warga menjadi korban investasi ilegal.

Sebab edukasi dan sosialisasi masif merupakan kunci utama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai investasi ilegal agar tidak ada lagi korban yang jatuh dan mengalami kerugian harta benda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kominfo