Wow! Penelitian Ungkap Fakta Gurita Punya Gen Kecerdasan Mirip Seperti Manusia, Begini Penjelasannya

Gen Kecerdasan Gurita Mirip Manusia-Schmidt Ocean Institute--

Secara tradisional meskipun aktivitas LINE hanyalah sisa-sisa masa lalu, sisa dari proses evolusi yang melibatkan elemen-elemen bergerak ini, tetapi dalam beberapa tahun terakhir muncul bukti baru yang menunjukkan bahwa aktivitas mereka diatur dengan baik di otak.

BACA JUGA:Mantan Kades Rudapaksa Anak di Bawah Umur, Bujuk Rp 50 Ribu Agar Tutup Mulut

BACA JUGA:Korut Tuduh Korsel Bawa Virus Covid-19 Lewat Balon Udara di Perbatasan

Ada banyak ilmuwan yang percaya bahwa transposon LINE berhubungan dengan kemampuan kognitif seperti pembelajaran dan memori: mereka sangat aktif di hipokampus, struktur paling penting dari otak kita untuk kontrol saraf proses pembelajaran.

Genom gurita, seperti milik manusia, kaya akan 'gen pelompat', yang sebagian besar tidak aktif. Berfokus pada transposon yang masih mampu menyalin dan menempel, para peneliti mengidentifikasi elemen keluarga LINE di bagian otak yang penting untuk kemampuan kognitif hewan-hewan ini.

Penemuan dari hasil kolaborasi antara Scuola Internazionale Superiore di Studi Avanzati, Stazione Zoologica Anton Dohrn dan Istituto Italiano di Tecnologia, dimungkinkan berkat teknik sekuensing generasi berikutnya, yang digunakan untuk menganalisis komposisi molekul gen aktif di sistem saraf gurita.

"Penemuan elemen keluarga LINE, aktif di otak dua spesies gurita, sangat signifikan karena menambah dukungan pada gagasan bahwa elemen-elemen ini memiliki fungsi spesifik yang melampaui copy-and-paste," jelas Remo.