Puan Bicara Keberhasilan Pemimpin Wanita Tangani Pandemi Di Forum Parlemen Perempuan IPU

Puan Bicara Keberhasilan Pemimpin Wanita Tangani Pandemi Di Forum Parlemen Perempuan IPU

Puan Maharani bicara keberhasilan pemimpin wanita tangani pandemi di Forum Parlemen Perempuan IPU, Bali, Minggu 20 Maret 2022. -DPR RI-

BALI, DISWAY.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan pentingnya kesetaraan gender dalam forum parlemen perempuan Inter-Parliamentary Union (IPU). Ia pun menyinggung soal kepemimpinan perempuan dalam menangani pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Puan saat membuka  Forum of Women Parliamentarians yang digelar di sela-sela 144th IPU Assembly and Related Meetings di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Minggu 20 Maret 2022.

“Selamat datang di Indonesia! Pertemuan ini diadakan tepat pada saat dunia tengah dilanda berbagai tantangan yang berpengaruh bagi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” ujar Puan kepada para anggota parlemen perempuan IPU.

BACA JUGA:Ramadan Sebentar Lagi, Puan Peringatkan Pemerintah Segera Atasi Persoalan Minyak Goreng

Puan menyatakan saat ini dunia tengah dilanda berbagai tantangan. Mulai dari pandemi Covid-19, ancaman ketegangan politik, dan peningkatan dampak perubahan iklim.

“Dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut, perempuan terkena dampak yang paling besar, 80% dari displaced persons akibat perubahan iklim adalah perempuan,” tuturnya.

Oleh karenanya, Puan menyebut para pemimpin perempuan dunia harus bekerja sama untuk memastikan bahwa kepentingan perempuan tetap didengar, dan kebutuhannya diperhatikan.

BACA JUGA:Perwakilan 115 Negara Kumpul di Bali, Puan Maharani: Tolong Jangan Bawa Isu Aneh-Aneh

Tantangan kesetaraan gender lain yang dihadapi perempuan disebut datang dari dunia politik. Secara global, proporsi anggota perempuan tahun 2021 hanya terjadi peningkatan 0,6%.

Puan pun menilai, hal itu menunjukkan keterwakilan perempuan yang masih rendah dan merupakan bentuk defisit demokrasi.

“Ketidaksetaraan gender berarti tidak dilaksanakannya secara penuh demokrasi dan hak asasi manusia. Oleh karena itu, kita perlu terus memastikan partisipasi aktif perempuan pada proses pengambilan keputusan, terutama di badan publik,” papar perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

BACA JUGA:Perwakilan 115 Negara Kumpul di Bali, Puan Maharani: Tolong Jangan Bawa Isu Aneh-Aneh

Puan lalu mendorong agar IPU menjadi garda terdepan dalam mendorong partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan. Salah satunya adalah melalui program dan kegiatan dari Kelompok Kemitraan Gender IPU. 

“IPU harus berada di garis terdepan, ‘lead by example’, dalam mengarusutamakan kesetaraan gender,” sebut Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dpr ri