11 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Dijamin Berhasil

11 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Dijamin Berhasil

ilustrasi ketombe-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID--  Ketombe adalah serpihan putih di kulit kepala. Terkadang ketombe juga menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Ketombe diakibatkan oleh jamur maupun sel kulit mati yang berlebihan di kepala. 

Menurut berbagai sumber, ketombe terbentuk karena adanya radang, produksi sebum dan sel kulit mati meningkat. Maka, Anda harus tahu cara menghilangkan ketombe. Sebelum itu, ketahui dulu apa penyebab ketombe, yakni:

BACA JUGA:Terungkap Alasan Pegawai Koperasi Tak Lapor Polisi Setelah Temukan Mayat Renny

BACA JUGA:Petugas Koperasi Sempat Pegang Mayat Renny, Polisi: Mereka Batal Terima Gadai Rumah TKP Kalideres

- Ketombe karena jamur

Ketombe karena jamur disebabkan oleh infeksi Malassezia. Infeksi jamur ini menyebar cukup cepat ketika kulit kepala terlalu berminyak atau memiliki pH yang tidak seimbang. 

Ketombe karena jamur Malassezia dapat menular lewat barang-barang pribadi seperti sisir, handuk dan topi milik orang yang terinfeksi. 

- Ketombe karena kulit kering

Ketombe pada kulit kepal kering berbentuk serpihan kecil, bundar dan kering. Serpihannya cenderung lebih kecil dan tidak begitu berminyak. Kulit kepala merah dan gejala radang lebih jarang dijumpai. 

Kulit kering bisa dipicu oleh musim dingin atau kurang rajin mencuci rambut. Disarankan memakai sampo tanpa kandungan sulfat agar tidak memperburuk kondisinya. 

BACA JUGA:Kebohongan Ferdy Sambo Runtuh, Ridwan Soplanait Tegas Sebut Suami Putri Candrawathi Ikut Tembak Brigadir J

BACA JUGA:Temuan Terbaru Kasus Kematian 1 Keluarga di Kalideres, Polisi: Ada Pegawai Koperasi Dilarang Menyalakan Lampu Kamar Ibu Korban

- Ketombe karena kulit berminyak

Biasanya, kulit kepala terasa gatal dengan serpihan ketombe besar kekuningan dan rambut berminyak. Ketika produksi sebum berlebihan pada kulit kepala berminyak dan bercampur dengan kotoran dan sel-sel kulit mati, maka produk finalnya adalah ketombe. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: