Erma Bongkar 'Dosa' Bos PT SAI, Terapkan Sistem 'Kerja Paksa' Para Karyawan, Matahari Ketemu Matahari: Bagaimana Saya Bisa Menghormati?

Erma Bongkar 'Dosa' Bos PT SAI, Terapkan Sistem 'Kerja Paksa' Para Karyawan, Matahari Ketemu Matahari: Bagaimana Saya Bisa Menghormati?

Sejumlah buruh atau karyawan PT SAI Apparel melakukan aksi di depan kantor Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah, menuntut agar tidak ada diskriminasi dan kekerasan di perusahaan tersebut-Foto/Tangkapan Layar/YouTube/Kabar Grobogan-

"'Bapak, tolong, ya, di sini kami menghabiskan waktu kita itu habis paling banyak di are kerja'," ujar Erma menirupkan perkataannya kepada atasannya.

BACA JUGA:Terlalu Berani Suarakan Hak Buruh, Nasib Kontrak Kerja Erma Oktavia dan 5 Rekannya di PT SAI Belum Jelas

"'Jadi mohon bapak, selaku orangtua kita yang saya hormati di area kerja, harus memberikan kenyamanan fasilitas sarana prasarana.

"'Terutama mementingkan kesehatan karyawan, itu paling penting pak'," beber Erma.

Sebelumnya, Erma berani membongkar sistem jam kerja yang tak normal diterapkan oleh atasan perusahaan tersebut.

Menurutnya, jam kerja para karyawan pabrik SAI bisa melebihi 8 jam kerja, namun ternyata tak pernah mendapat penambahan gaji.

BACA JUGA:Erma Oktavia Bongkar 'Borok' PT Sai Apparel Indonesia, Lemburan Buruh Tak Pernah Dibayar hingga Tak Ada Cuti, KSPI: Pidanakan!

Erma mengaku selama 6 hingga 8 bulan karyawan di pabrik SAI tak mendapat uang lembur.

"Sudah berbulan-bulan. Kalau perusahaan kan sudah setahunan. Ini mungkin sekitar 8 bulanan gak dibayar," imbuhnya.

Selain uang lembur, PT SAI juga disebutnya menerapkan sistem simpan jam kerja, tetapi ternyata banyak karyawan yang sulit mendapatkan cuti kerja.

Ia merasa perusahaan tersebut memaksa para karyawannya kerja di luar batas kemampuan.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Erma sempat ditegur suaminya lantaran bekerja selalu lembur tetapi tak pernah mendapat penambahan gaji.

“Suami saya bilang kerja sampai malam tapi tidak dibayar, ‘kamu pulang kerja jam segini ngapain, padahal gaji juga gak nambah," kata Erma.

BACA JUGA:Nasib Erma Setelah Video 'Pabrik Elit Bayar Lembur Syulit' Kini, Terungkap Belum Diperpanjang Kontrak Kerjanya

Kesejahteraan dan Kesehatan Karyawan Dipertaruhkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: